Indonesian Weekend 2018 Diharap Mendukung Recovery Bali

Gunung Agung di Bali sebelum erupsi. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA-SUREPLUS : Indonesia kehilangan sekitar 1 juta wisman pasca erupsi Gunung Agung bulan Juli 2018 lalu. Karenanya, gelaran Indonesian Weekend (IW) 2018 yang akan diadakan di Potters Fields Park, London, Inggris, 8-9 September 2018 mendatang, dinilai strategis untuk me-recovery wisata Bali.

“IW juga upaya Recovery Bali. Kita kehilangan sekitar 1 juta wisman karena Erupsi Gunung Agung. Diharapkan ajang ini ikut membantu memulihkan Pulau Dewata,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Nia Niscaya, seperti disampaikan dalam siaran persnya.

Selain erupsi, wisata Bali juga terpengaruh gempa di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Beberapa saat pasca gempa, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Bali bahkan sempat membuat himbauan agar wisatawan dan masyarakat di Bali tetap waspada terhadap gempa susulan.

Sebelumnya, mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali hingga Maret 2018 mencapai 492.678 orang. Wisman yang datang melalui bandara mencapai 484.846 orang, dan pelabuhan laut hanya 7.832 orang.

Jumlah kunjungan ini naik 8,90 persen dibanding bulan Februari 2018, atau naik 15,79 persen jika dibanding kunjungan Maret 2017. Jika dilihat dari asal negara, wisman terbesar datang dari Cina, yakni sekitar 22,31 persen. Wisman lainnya datang dari Australia sebesar 18,16 persen, India sebesar 5,82 persen, Jepang sebesar 4,97 persen, dan Inggris sebanyak 4,61 persen.

Berdasar catatan ini, cukup beralasan jika kemudian Kementerian Pariwisata serius menggarap Indonesian Weekend di Inggris.

Tahun ini, IW akan diwarnai dengan pagelaran musik, tari, plus sajian kuliner khas Indonesia. Dalam event ini juga akan disajikan pertunjukan seni bela diri dengan menghadirkan bintang ‘The Raid’ dan ‘Star Wars’, Cecep Arif Rahman. (PRS/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono