IFI Gelar Open House Serentak di Empat Kota

Institut Prancis di Indonesia (IFI) aktif menggelar berbagai kegiatan, baik budaya hingga sains dan teknologi. FOTO : IFI-ID.COM

SURABAYA-SUREPLUS : Institut Prancis di Indonesia (IFI) menggelar Open House serentak di Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta, Sabtu (8/9/2018) mendatang. Di tempat-tempat ini masyarakat diharap bisa lebih mengenal bahasa dan budaya Prancis secara luas.

Tempat itu meliputi IFI Jakarta yang terletak di Jl MH Thamrin dan Jl Wijaya I, IFI Surabaya di Jl Ratna 14, IFI Bandung di Jl Purnawarman, kemudian IFI Yogyakarta yang terletak di Jl Sagan.

Konselor Kerja Sama dan Kebudayaan Kedubes Prancis yang juga sekaligus Direktur IFI Marc Piton mengatakan, pihaknya membuka pintu bagi masyarakat Indonesia pada hari Sabtu 8 September 2018. Open house ini dilakukan serentak di Jakarta dan kota-kota di mana pusat kebudayaan Prancis hadir, untuk mengenalkan bahasa dan budaya Prancis secara luas.

“Kami berharap, kehadiran IFI di Indonesia terlebih dengan momen Piala Dunia yang baru saja berlangsung, masyarakat Indonesia semakin antusias untuk mengenali budaya Prancis. Baik bahasa, gastronomi, sinema, musik dan banyak lagi. Kami mengundang Anda untuk mengeksplorasi semuanya dalam satu hari,” kata Marc Piton.

Dijelaskan, dalam satu hari itu ada beberapa kegiatan yang akan digelar di Surabaya. Antara lain kelas perkenalan bahasa Prancis yang dipandu oleh pengajar IFI dengan metode belajar yang menyenangkan, presentasi seputar budaya Prancis, serta presentasi studi di Prancis.

“Acara terbuka untuk umum, siapa pun dapat datang bersama kawan maupun keluarga. Akan ada kunjungan dari sejumlah sekolah di Surabaya dan sekolah yang bermitra dengan IFI,” tambahnya.

Mewarnai open house ini nantinya juga akan digelar pertunjukan persembahan siswa IFI Surabaya, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Malang, dan sejumlah musisi muda Surabaya.

Selain itu juga akan digelar karaoke lagu Prancis, pemutaran film Prancis, bazar buku murah, cicip kue Prancis, workshop kreatif untuk anak, workshop kreatif watercolor lettering, dan aneka permainan. (HDL)

Editor : Hendro D. Laksono