Akhirnya Sepak Takraw Raih Emas

Tim sepak takraw Indonesia nomor quadrant putra berhasil meraih medali emas setelah di final mengalahkan tim Jepang. FOTO: INSTAGRAM/ASIANGAMES2018

PALEMBANG-SUREPLUS: Setelah sempat gagal di tiga nomor lainnya, cabor sepak takraw akhirnya meraih medali emas. Prestasi ini didapatkan dari nomor quadrant putra. Mereka mengalahkan Jepang 2-1 dalam laga final di Ranau Hall, Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sabtu (1/9/2018). Raihan emas sepak takraw ini melanjutkan tren perolehan emas Indonesia yang sempat mandeg sehari terakhir.

Capaian ini merupakan prestasi terbaik Indonesia pada cabang sepak takraw sejak pertama kali dipertandingkan di Asian Games 1990.

Di gim pertama, Indonesia sempat kewalahan menghadapi tekanan Jepang. Sejak awal Saiful Rijal dkk tertinggal jauh dari Jepang. Mereka pun takluk 15-21.

Namun di gim kedua, Indonesia yang membutuhkan kemenangan untuk membuka asa langsung tampil menekan. Namun Jepang tak tinggal diam. Mereka tetap berupaya keras untuk mengimbangi permainan Indonesia dengan bermain agresif.

Perolehan skor pun sangat ketat hingga di angka 7-7. Tapi Indonesia akhirnya mampu keluar dari tekanan dan memenangkan laga dengan skor 21-14.

Memasuki di gim ketiga atau terakhir, Indonesia kembali mendominasi laga. Sejak awal laga Indonesia terus memimpin hingga unggul jauh 11-5. Motivasi mereka semakin besar karena dukungan dari penonton sepanjang pertandingan. Indonesia pun menutup pertandingan dengan skor 21-16. Kemenangan ini sekaligus memastikan emas ke-31 Indonesia berada di genggaman.

Hasil ini melengkapi tiga keping medali yang didapatkan cabor sepak takraw, yakni satu perak dan dua perunggu yang diraih tim putra Indonesia. Medali perak diperoleh dari nomor beregu setelah kalah 1-2 dari Malaysia. Adapun dua perunggu diraih pada nomor ganda dan regu putra.

Di sektor putri, Indonesia meraih satu perunggu dari nomor quadrant. Total cabang sepak takraw Indonesia menyumbang lima keping medali.(ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas