Resmikan Kios Desa Menkeu Ingatkan Manfaat Dana Desa

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berdialog dengan warga usai meresmikan pembangunan kios desa di Desa Langgea, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. FOTO : ISTIMEWA

KONAWE SELATAN-SUREPLUS: Masih dalam rangkaian kunjungannya ke Provinsi Sulawesi Tenggara, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hadir di Desa Langgea, Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan, untuk meresmikan pembangunan kios desa.

Ditulis di laman fanspage Facebook-nya, Menkeu menjelaskan, kios ini dibangun dengan menggunakan dana desa tahun anggaran 2018. Proses pembangunannya sendiri melibatkan warga Desa Langgea.

“Tahun lalu, dana desa digunakan untuk membangun jalan dan jembatan yang menghubungkan Desa Langgea dengan daerah sekitarnya,” jelas Menkeu Sri Mulyani. Sebelum dibangun kios, lanjutnya, tempat di tepi lapangan sepak bola itu dipenuhi dengan pedagang kaki lima.

Melihat hal ini, Kepala Desa Langgea bersama masyarakat berinisiatif untuk membangun kios permanen yang dijadikan tempat berjualan bagi para penduduk desa. Kios desa yang dibangun dengan menggunakan dana desa tersebut menghabiskan dana sekitar Rp 260 juta.

“Pada saat bercakap-cakap dengan para pedagang yang menempati kios tersebut, saya senang karena sebagian besar pedagang tersebut adalah ibu rumah tangga yang dapat menambah penghasilan dari berdagang,” papar Menkeu lagi.

Para pedagang itu juga mengaku mendapat tempat yang layak untuk berjualan makanan kecil hingga pakaian.

Wanita paling berpengaruh ke-23 di dunia versi Majalah Forbes ini menegaskan, dana desa yang ditransfer oleh pemerintah pusat dapat bermanfaat untuk masyarakat. “Dana desa ini juga berasal dari pajak yang anda bayarkan dan dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat,” pungkasnya. (PRS/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono