Miliki Kesamaan, Xiaomi Mi Mix 3 Saingi Honor Magic 2

Xiaomi Mi Mix 3. FOTO: GIZMOCHINA

SURABAYA-SUREPLUS: Smartphone Xiaomi Mi Mix 3 tampaknya memiliki kemiripan dengan ponsel buatan anak perusahaan Huawei, Honor Magic 2 yang akan segera diluncurkan. Hal ini diketahui dari postingan Xiaomi beberapa menit setelah Honor diluncurkan di pameran elektronik IFA 2018 di Berlin, Jerman.

Kemiripan itu tampak pada mekanisme slide-up pada kedua perangkat tersebut. Terlepas benar atau tidak, rumor yang beredar Mi Mix 3 menjiplak desain Magic 2. Setidaknya, ungkapan Presiden Honor George Zhao bahwa perusahaannya sengaja memamerkan smartphone ini lebih dini karena ia mengetahui ada kompetitor yang menjiplak desain Magic 2. “Ada pesaing yang menyalin desain Magic 2,” ungkap Zhao.

Terlepas dari kabar miring ini, Mi Mix 3 dan Honor bisa jadi bakal terlibat pertarungan sengit di pasar ponsel. Sebab mereka diprediksi bermain di wilayah yang sama dengan segmentasi pasar yang sama pula.

Bicara tentang Xiaomi Mi Mix 3, ponsel ini diperkirakan hadir dengan spesifikasi top-end seperti layar AMOLED, prosesor Snapdragon 845, dilengkapi RAM hingga 8GB serta penyimpanan 256 GB.

Sementara Honor Magic 2, yang merupakan penerus dari Honor Magic yang diluncurkan pada bulan Desember 2016, menampilkan layar takik dengan hampir tanpa bezel di sekitarnya. Komponen kamera depan dan earpiece dipindahkan ke mekanisme slide-up. Namun, mekanisme bilah geser tidak bermotor dan sebaliknya, pengguna secara manual bisa menyeret layar ponsel ke bawah.

Trend smartphone dengan mekanisme slide-up sebetulnya bukan hal baru. Karena Vivo menjadi yang terdepan dengan ponsel konsep dengan sebutan Vivo Apex, yang kemudian perusahaan ini meluncurkannya secara komersial pertama dalam wujud Vivo NEX. Berikutnya, langkah ini diikuti Oppo yang mengusung Oppo Find X.(GIZMOCHINA/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas