Inovasi Pelayanan Publik Banyuwangi Akan Dijadikan Rujukan Nasional

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menerima kunjungan Komisi II DPR RI. FOTO; SUREPLUS/HENDRO SUCIPTO

BANYUWANGI-SUREPLUS: Komisi II DPR RI melakukan kunjungan spesifik ke Banyuwangi, Jumat (31/8/2018). Komisi bidang pelayanan publik ini ke Banyuwangi untuk mempelajari inovasi pelayanan pubik yang dilakukan Pemkab Banyuwangi selama dipimpin Abdullah Azwar Anas.

Rombongan DPR RI ini dipimpin Nihayatul Wafiroh yang membawa lima orang anggota dan perwakilan ombudsman RI ini menselancari sejumlah inovasi layanan publik berbasis IT di layar komputer yang berada di lounge Pemkab.

Mulai dari e-village budgeting dan e-monitoring untuk pengelolaan keuangan desa di Banyuwangi secara online serta aplikasi yang mengintegrasikan berbagai program pengentasan kemiskinan yang ada di Banyuwangi.

“Ini sangat memudahkan masyarakat karena tidak harus pergi ke berbagai lokasi hanya untuk mengurus satu dokomen. Inovasi yang hebat ini perlu direplikasi dan dicontoh oleh daerah-daerah lain agar pelayanan publiknya maju,” tutur Nihayatul.

‎Hasil dari kunjungan ini, menurut Nihayatul, akan dijadikan rujukan bagi lembaga ataupun intansi lainnya.

“Hasil dari kunjungan ini akan kami bawa untuk dibahas saat rapat dengan kementerian sebagai contoh inovasi yang bisa dijadikan rujukan,” katanya. (HENDRO SUCIPTO/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas