Pemkot Kediri Imbau UKM Mengurus Izin Mandiri

Seorang warga Kota Kediri sedang memperhatikan sistem pengurusan izin usaha online dengan komputer jinjing miliknya, melalui website Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Kediri. FOTO : SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS : Untuk menghindari praktik percaloan, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Kediri mengimbau masyarakat agar mengurus izin usaha secara mandiri.

“Hal paling utama, bagi para pelaku bisnis UMKM,” kata Kepala DPM PTSP Kota Kediri Anang Kurniawan pada Sureplus.id, Kamis (30/8/2018).

Menurut dia, pada saat ini pengurusan izin usaha bagi pelaku UKM sangat dimudahkan. Apalagi sekarang, masyarakat tak perlu repot datang ke kantor DPM PTSP Kota Kediri, dalam mengurus perizinan mereka.

“Lantaran, kami telah membuka layanan pengurusan izin secara online,” katanya.

Anang menambahkan, bagi masyarakat yang masih bingung, terutama dengan persyaratan pengurusan izin maka mereka bisa datang ke kantor DPM PTSP Kota Kediri.

“Lalu masyarakat bisa mengoptimalkan layanan konseling dan klinik pendampingan, yang berlokasi di kantor DPM PTSP ini,” katanya.

Bahkan sebelumnya, DPM PTSP Kota Kediri mendapat apresiasi atas inovasinya dalam memberikan pelayanan full online. Sistem online yang diberi nama ISTRI PINTAR (integrated system untuk user dan instansi, dengan pelayanan izin yang diantar) ini, bisa menyatukan seluruh OPD teknis di Kota Kediri dalam memberikan pelayanan perizinan.

Sementara, Wakil Wali Kota Kediri, Lilik Muhibbah menyatakan, terkait perizinan usaha di areanya, maka Pemkot Kediri mendorong pelaku UKM untuk mengembangkan bisnis mereka.

“Upaya ini dilakukan, dengan menyederhanakan perizinan, dari yang awalnya 153 perizinan, maka kini menjadi 56 perizinan,” katanya.

Dari berbagai langkah ini, lanjut Lilik, diharapkan para pelaku UKM dapat membantu pemerintah dalam menumbuhkan perekonomian daerah ke depan. (AYU CITRA SR/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono