Gencarkan PSBI, Bank Indonesia Dukung Pengembangan Pariwisata

Bantuan PSBI pada Koperasi Desa Wisata Candi Rejo, dalam bentuk program peningkatan kapasitas ekonomi dan pengembangan fasilitas di desa wisata. FOTO: BI.GO.ID

JAKARTA-SUREPLUS: Berupaya ikut mendorong pengembangan sektor pariwisata, Bank Indonesia (BI) gencar menggelontorkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI). Termasuk bantuan yang diserahkan pada Koperasi Desa Wisata Candi Rejo, dalam bentuk program peningkatan kapasitas ekonomi dan pengembangan fasilitas di desa wisata.

Bantuan tersebut di antaranya untuk pembangunan mushola, tempat wudhu, Mandi Cuci Kakus (MCK) komunal, tempat sampah permanen, pembuatan papan penunjuk kawasan, sarana transportasi kebersihan lingkungan dan restorasi transportasi tradisional wisatawan.

“Bantuan PSBI ini untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Kawasan Borobudur, yang pada gilirannya akan berkontribusi terhadap perekonomian daerah,” kata Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara saat pemberian bantuan PSBI di Desa Candi Rejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Rabu (29/08/2018).

Seperti dikutip dari Departemen Komunikasi Bank Indonesia di situs bi.go.id, hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang menetapkan Borobudur sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan destinasi wisata unggulan. “Sehingga perlu dilakukan upaya optimalisasi potensi daerah setempat untuk menggerakkan perekonomian daerah,” katanya.

Dukungan pengembangan pariwisata ini merupakan bagian dari rangkaian Rapat Koordinasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (Rakorpusda) yang digelar di Yogyakarta.

PSBI juga dikucurkan untuk pengembangan tanaman kopi di daerah. FOTO: BI.GO.ID

Di lokasi yang berbeda, Bank Indonesia juga menyerahkan bantuan kepada Kelompok Tani Margomulyo, Desa Sidoharjo, berupa bantuan infrastruktur irigasi untuk tanaman kopi dan mesin produksi olahan kopi. Bantuan diserahkan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Erwin Rijanto.

Kepedulian terhadap pengembangan wisata juga diwujudkan melalui penyerahan bantuan PSBI oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng, kepada masyarakat Fintech Village Kampung Glory. Bantuan diberikan dalam bentuk green house budidaya tanaman anggrek dan sarana prasarana teknologi informasi.

Melalui kucuran bantuan PSBI tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kapasitas ekonomi masyarakat, sesuai dengan potensi ekonomi daerahnya, khususnya di sektor pariwisata. (PRS/AZT)

Editor: Aziz Tri P