Atasi Kelangkaan, 560 Tabung Gas Elpiji 3 Kilogram Didistribusikan

Memangkas kemungkinan langkanya elpiji 3 kilogram, PT Fajar Tunggal Putra, rekanan PT Pertamina (Persero) mulai mendistribusikan 560 tabung gas elpiji di Desa Pandu, Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. FOTO : SUREPLUS/ALI ZAINI

GRESIK-SUREPLUS : Guna meminimalisir kelangkaan gas elpiji ukuran 3 kilogram, sebanyak 560 tabung gas telah didistribusikan ke sejumlah desa di wilayah Kabupaten Gresik. Salah satu yang mendapat distribusi adalah Desa Pandu, Kecamatan Cerme.

Direktur PT Fajar Tunggal Putra Achmad Mighfar, pemilik pangkalan gas elpiji yang juga rekanan PT Pertamina (Persero) menuturkan, ada beberapa titik yang menjadi tempat distribusi gas elpiji ukuran 3 kilo ini.

“Distribusi ini terkait dengan operasi pasar dan tergantung kebutuhan. Khusus di Desa Pandu, kami menyediakan satu truk berisi 560 tabung gas elpiji dengan harga jual Rp 16 ribu per tabung,” jelasnya pada sureplus.id, Kamis (30/08/2018).

Lebih lanjut Mighfar mengatakan, operasi pasar ini ada mekanismenya. Satu pembeli maksimal dua tabung gas. Hal ini dilakukan sesuai aturan yang berlaku.

“Ini dua kali yang kami lakukan dan biasanya langsung habis,” ujarnya.

Wariadi (50), warga Desa Pandu yang juga konsumen gas elpiji menuturkan, ia tidak mengalami kesulitan mencari gas elpiji yang disubsidi oleh pemerintah dengan harga terjangkau.

“Biasanya kalau di eceran harganya bisa mencapai Rp 20 ribu. Tapi, kami yang beli ini harganya terjangkau makanya saya membeli dua tabung gas elpiji,” tandasnya. (ALI ZAINI/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono