Teaser Prosesor Kirin 980 Tunjukkan Peningkatan Besar Performa AI-nya

Huawei kembali mengumumkan bahwa mereka akan mengumumkan chipset terbarunya, Kirin 980. FOTO: GIZMOCHINA

CHINA-SUREPLUS: Tahun lalu, Huawei membawa beberapa inovasi ke dalam manufaktur chip ketika mengumumkan chipset Kirin 970 yang mengemas neural processing unit (NPU). NPU sendiri membawa kemampuan kecerdasan buatan asli (AI) ke smartphone Huawei. Nah, untuk tahun ini, raksasa teknologi Cina itu kembali mengumumkan bahwa mereka akan mengumumkan chipset terbarunya, Kirin 980. Pengumuman itu dikemas dalam sebuah acara khusus pada 31 Agustus 2018 di IFA Berlin.

Saat ini, tepat dua hari sebelum peluncuran chipsetnya itu, Huawei mulai mengirimkan video teaser Kirin 980. Klip video pendek itu menunjukkan chipset next generation tersebut menunjukkan terobosan lain dalam performa AI serta aspek CPU dan GPU.

Beberapa hari sebelumnya, Huawei juga sudah merilis video yang tentang chipset yang lebih cepat, lebih cerdas dan lebih kuat ini. Spekulasinya, upgrade terbesar dari prosesor ini dibanding pendahulunya adalah mengurangi konsumsi daya menyusul ukurannya yang semakin kecil, 7nm, kinerja CPU dan GPU yang lebih kuat. NPU juga ditingkatkan ke generasi kedua untuk mempromosikan lebih banyak skenario AI.

Kirin 980 akan diproduksi menggunakan proses manufaktur 7nm dan akan memakai empat core Cortex A76 serta empat core Cortex A55 dalam pengaturan octa core.

Prosesor ini akan datang dengan GPU Mali dan versi yang lebih baru dari NPU-nya. Kecepatan clock-nya konon mencapai sekitar 2.8GHz. Ini akan menjadi chipset 7nm pertama Huawei, ini akan menyamai chipset 7nm lainnya layaknya Apple A12 yang diharapkan untuk debut tahun ini dan Qualcomm Snapdragon 855 yang akan dikeluarkan untuk kuartal pertama 2019.

Menurut CEO Huawei, Kirin 980 chipset pertama yang menampilkan onboard seri Mate 20 yang diharapkan akan diluncurkan pada bulan Oktober tahun ini. CEO juga menekankan bahwa kinerja chip ini akan lebih baik dan akan jauh di depan Snapdragon 845.(GIZMOCHINA/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas