Kreatifitas Menu Ikan Olahan, Dari Es Serut hingga Bolu

Lewat kegiatan Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan dan lomba masak, anak-anak diharap lebih terbiasa bahkan suka makan ikan. FOTO : DISKOMINFO KOTA MADIUN

MADIUN-SUREPLUS : Sebagian jenis ikan yang dijual di pasar jelas lebih murah daripada daging. Namun bicara kandungan gizi, ikan tidak kalah jika dibanding dengan daging sapi atau kambing.

Semangat inilah yang kemudian melekat dalam kegiatan sosialisasi Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan lomba masak olahan ikan di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Madiun, Selasa (28/8/2018).

“Kandungan nutrisi ikan dibutuhkan tubuh. Penting untuk terus disosialisasikan kepada masyarakat,” kata Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Madiun Sri Ismah Sugeng Rismiyanto, seperti ditulis dalam siaran persnya.

Sayangnya, sebagai menu kaya gizi, ikan kerap tak dijamah anak-anak. Mereka lebih suka daging ayam, sapi, bahkan kambing. Dengan banyaknya kreasi menu masakan, diharap ada pilihan yang kemudian menarik perhatian anak-anak.

Kreasi menu dalam lomba ini disuguhkan peserta dari 27 kelurahan di Kota Madiun. Olahan ikan yang ada disajikan dalam bentuk makanan, kue, bahkan minuman. Seperti es serut sari patin, pudding patin, dan bolu patin.

“Dengan kreasi seperti ini, anak-anak tidak terasa telah mengkonsumsi ikan. Ini bagus untuk anak-anak yang tidak suka makan ikan,” kata Sri Ismah. Untuk itu, ia sangat mengapresiasi pelaksanaan acara ini. (PRS/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono