Gunakan Anggaran Rp 5,8 Miliar, Pasar Kanigoro Dikembangkan jadi Destinasi Wisata

Peletakan batu pertama Pasar Kanigoro oleh Bupati Blitar Rijanto, didampingi Kepala Disperindag, pedagang dan Forkopimda. FOTO : ISTIMEWA

BLITAR-SUREPLUS : Pembangunan Pasar Kanigoro di Kelurahan Satriyan, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, ditandai dengan peletakan batu pertama yang dilakukan Bupati Blitar Rijanto, Selasa (27/8/2018).

Dalam sambutannya Bupati Rijanto mengatakan, pembangunan pasar tradisional jadi prioritas Pemkab melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Pasar ini diharap mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Blitar.

“Alhamdulilah, setelah melalui proses yang panjang sesuai mekanisme dan ketentuan yang berlaku, akhirnya pembangunan Pasar Kanigoro ini bisa dilaksanakan,” katanya.

Pembangunan Pasar Kanigoro, lanjutnya, bertujuan menunjang dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Karenanya, pemkab terus berupaya menciptakan kondisi pasar yang nyaman sebagai tempat berinteraksi antara penjual dan pembeli.

“Upaya kami tentunya dengan cara membangun infrastrukrur pasar yang bagus. Selain itu pasra juga harus bersih, tidak becek dan tidak berbau. Saya berharap nantinya para pedagang bisa menjaga kebersihan pasar agar tercipta suasana yang nyaman,” harap Bupati Rijanto.

Pembangunan pasar ini menggunakan desain dan konsep yang modern. Selain itu juga diperkuat dengan dukungan fasilitas yang lebih lengkap. Ke depan, Pasar Kanigoro bahkan disiapkan sebagai destinasi tujuan wisata.

Pasar ini dibangun di atas lahan seluas 19.913 meter persegi. Untuk membangun pasar yang ditarget selesai pada Desember 2018 ini, anggaran yang disiapkan mencapai Rp 5,8 miliar. Anggaran berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Blitar 2018.

Pasar lama yang ada di Kelurahan Kanigoro, nantinya akan diubah menjadi Taman Terbuka Hijau. “Semoga pengerjaannya bisa selesai tepat waktu. Kami berharap nantinya pasar ini tidak hanya menjadi pusat ekonomi, tapi juga bisa jadi objek wisata baru di Blitar,” harap Kepala Disperindag Kabupaten Blitar, Puguh Imam Susanto.

Dijelaskan Puguh, pembangunan tahap pertama ini hanya akan dibangun gedung utama Pasar Kanigoro seluas 3.358 meter persegi. Tahun 2019 kemudian mulai dikembangkan ke tahap lanjutan dengan pembangunan pagar, pemasangan paving, dan pembangunan fasilitas pendukung seperti MCK dan lahan parkir.

Pasar Kanigoro nantinya akan dilengkapi banyak fasilitas pendukung seperti foodcourt, ruang laktasi, musholla dan kamar mandi dengan jumlah yang cukup. Sehingga aktivitas pasar akan berjalan dari pagi hingga malam. (PRS/HDL)

Editor: Hendro D. Laksono