Bulan Besar, Jajanan Madumongso Kediri Diburu Konsumen

Asep, Ketua Sentra UKM Keniten (kiri), sedang menawarkan sejumlah produk unggulan UKM Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri kepada konsumen, Selasa (28/8/2018). FOTO : SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Bagi masyarakat yang gemar dengan makanan khas daerah, madumongso dikenal sebagai panganan legit, sedikit asam, dan tampil dengan warna ungu kehitaman.

Memasuki bulan besar, dalam penanggalan Budaya Jawa, di mana banyak masyarakat yang menggelar pesta pernikahan, maka produk madumongso semakin diburu konsumen.

Seperti dialami produsen madumongso yang tergabung dalam Sentra UKM Keniten, di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Menurut Asep, Ketua Sentra UKM Keniten, pada masa sekarang permintaan jajanan madumongso makin meningkat, dibandingkan pada bulan normal. Lantaran, pada bulan ini ada banyak konsumen yang menggelar pesta pernikahan.

“Kemudian, mereka umumnya menyediakan madumongso ini sebagai suguhan kepada para tamu. Kondisi ini dapat ditemui ketika menghadiri agenda pernikahan di sejumlah desa,” kata Asep, Ketua Sentra UKM Keniten, di Kabupaten Kediri, Selasa (28/8/2018).

Untuk menarik perhatian konsumen, maka pelaku UKM ini sengaja menghadirkan madumongso dengan kemasan unik dan menarik. Bahkan, dikemas dalam wadah kertas warna-warni, dan diikat dengan benang emas nan apik.

Yang mana, dalam satu kemasan kecil berisikan 8-10 buah dijual seharga Rp 15 ribu per kemasan. Untuk kemasan jenis ini, paling diminati oleh wisatawan dari luar Kediri.

“Sementara, bagi masyarakat Kediri, mereka lebih menyukai madumongso dengan kemasan biasa saja. Hal ini karena bagi konsumen asal Kediri, yang terpenting adalah harganya terjangkah,” katanya.

Untuk diketahui, lanjut dia, pelaku UKM produsen madumongso ini merupakan salah satu anggota dari Sentra UKM Keniten, di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Yang mana, di kelompok tersebut ada sekitar 12 pelaku UKM yang berkembang bersama.

“Pada era kekinian, kami tak hanya memasarkan produk melalui pusat oleh-oleh di Kediri, tapi juga lewat media sosial, seperti Instagram,” kata Asep yang juga berprofesi sebagai produsen keripik jamur crispy dan keripik tahu.

Selain madumongso, di Sentra UKM Keniten juga dipasarkan keripik tahu, jamur crispy, dan produk unggulan lain. (AYU CITRA SR/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono