Penuh Inovasi, Galaxy A8 Star Bukti Samsung Tak Ingin Kalah dari Xiaomi

Samsung meluncurkan Galaxy A8 di pasar India. FOTO: GIZMOCHINA

INDIA-SUREPLUS: Perkembangan pesat perusahaan teknologi raksasa China, Xiaomi di pasar India bisa jadi merangsang Samsung untuk membawa lebih banyak inovasi dalam perangkat terbarunya di pasar India. Inovasi tersebut bukan sekadar pada desainnya saja, tapi juga konfigurasi smartphone yang mereka produksi.

Setidaknya perangkat model terbaru yang mereka luncurkan di pasar India menunjukkan bahwa vendor asal Korea Selatan itu tak mau kalah dari Xiaomi. Ya, dengan membawa Galaxy A8 Star, Samsung menghadirkan sejumlah fitur dan spesifikasi yang berbeda dari Exynos SOC biasa, seperti halnya layar dengan aspek rasio 16: 9, kamera tunggal, baterai dan ukuran RAM kecil yang biasanya menjadi ciri model Samsung yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Sebelumnya, ada laporan bahwa model ini sudah diluncurkan di China dengan nama Galaxy A9 Star.

Galaxy A8 Star memiliki layar Super AMOLED berukuran 6,3 inci yang sangat besar dengan layar penuh, desain takik dan resolusi 2220 x 1080 piksel.

Layarnya memiliki rasio layar ke tubuh 80 persen dan menggunakan rasio aspek 18: 9. Perangkat ini juga menggunakan bingkai logam dan memiliki kaca melengkung 2.5D di atas layarnya.

Samsung Galaxy A8 Star dilengkapi dengan chipset midrange premium Qualcomm, Snapdragon 660 yang kuat. Bisa dipastikan, prosesornya membawa fitur AI ke kamera. Ini sepaket dengan dukungan RAM 6 GB dan 64 GB penyimpanan internal yang dapat diupgrade hingga 400 GB.

Untuk kameranya, Galaxy A8 Star mengemas pengaturan kamera ganda di bagian belakang yang diatur dalam gaya iPhone X. Ada dua sensor yang disusun secara vertikal di sudut kiri atas. Pengaturan kamera ganda terdiri dari sensor 16 MP + 24 MP. Kedua sensor dilengkapi dengan bukaan f/1.7.

Sementara kamera selfie-nya, terdapat fitur penembak 24 MP dengan bukaan f/2.0. Ada juga sensor sidik jari yang terpasang di belakang. smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 3.700 mAh yang dikirimkan dengan pengisi daya USB Type-C 15W.

Menyediakan antarmuka berbasis Android 8.0 Oreo Samsung Experince 9,0. Ponsel ini juga dilengkapi asisten cerdas Bixby, NFC, dan pengenalan wajah.

Samsung Galaxy A8 Star akan mulai dijual di India pada hari ini (27/8/2018) dan akan dijual secara eksklusif di Amazon India.(GIZMOCHINA/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas