IKM Desa Sidomukti Kembangkan Pembuatan Roti dari Tempe

IKM Desa Sidomukti berhasil mengembangkan pembuatan roti dari bahan dasar tempe.FOTO: SUREPLUS/ ALI ZAINI

GRESIK-SUREPLUS: Kreatifitas industri kecil dan menengah (IKM) Desa Sidomukti, Kecamatan Kebomas, Gresik patut diacungi jempol. Berkat kreatifitas dan inovasinya IKM di daerah tersebut mampu mengembangkan pembuatan roti dari bahan dasar tempe.

Salah satu warga yang juga pemilik IKM asal Desa Sidomukti, Farikha (46) menuturkan, dirinya optimis usaha yang dilakukannya ini bisa berkembang.

“Untuk permulaan akan saya pasarkan pada toko saya sendiri,” ujarnya, Senin (27/08/2018).

Ia menambahkan, inovasi dan kreativitas pembuatan roti berbahan dasar tempe karena adanya bimbingan dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian Perdagangan  (Diskoperindag) Gresik. Selain pembuatan makanan berbahan tempe, Diskoperindag juga memberikan pelatihan pengemasan.

“Ada empat jenis masakan olehan berbahan tempe yang diajarkan oleh dosen Unesa dari Fakultas Teknik Tata Boga. Produk itu dinamai nugget tempe, biscuit tempe, pastel jamur tempe, dan sempol tempe,” tambahnya.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian Perdagangan (Diskoperindag) Gresik, Agus Budiono menuturkan, melalui program ini intinya menumbuhkan sentra baru IKM.

“Kita tahu Kelurahan Sidomukti adalah kelurahan yang sangat khas. Dari 3.429 jumlah penduduknya, lebih dari 50 persen adalah pelaku industri kecil menengah,” tuturnya. (ALI ZAINI/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas