Dewa Budjana Bicara Soal Bubi Chen dan Musik Jazz Tanah Air

Dewa Budjana
Dewa Budjana saat tampil di Jazz Traffic Festival (JTF) 2018. FOTO: SUREPLUS/ARIEF ANSHORI

SURABAYA-SUREPLUS: Sang maestro musik jazz Tanah Air, Bubi Chen, memang sudah meninggal lebih dari enam tahun lalu, tepatnya pada 16 Februari 2012. Namun sosok Bubi tetap memiliki kesan tersendiri bagi para pecinta musik di Indonesia, termasuk para musisi di negeri ini.

Musisi senior Dewa Budjana salah satunya. Ia mengakui, Bubi Chen adalah pelopor musik jazz di Indonesia. “Sebelum ada Indra (Lesmana) dan yang lain, Om Bubi adalah tokoh pianis ternama di Indonesia,” ujar alumnus SMAN 2 Surabaya ini.

Tanpa Bubi, menurut Budjana, ada perbedaan yang signifikan. Bila semasa Bubi hidup para musisi jazz di Indonesia memainkan musik jazz standar, di era sekarang, para musisi jazz memainkan lagu-lagu original.

Menurut Budjana, saat ini banyak musisi jazz di Indonesia yang bagus. “Perkembangannya sekarang banyak pemain yang bagus-bagus,” ujar personel grup Band Gigi ini.

Budjana sendiri menilai, perkembangan musik jazz di Indonesia sangat pesat dan maju. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya festival jazz di Indonesia di setiap tahunnya.

Saat ini, ada kisaran 60 hingga 70-an festival jazz. Banyaknya media yang bisa digunakan para musisi jazz untuk beraksi di atas panggung. Bukan hanya itu, saat ini jumlah musisi yang memainkan musik jazz juga semakin banyak dan bagus-bagus.

“Positioning jazz di Indonesia sangat bagus, Jazz di sini sangat maju. Banyak bermunculan musisi baru yang memiliki talenta di atas rata-rata,” terang Budjana.(ARIEF ANSHORI/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas