Usung Konsep Unik, BBC Jeli Siasati Bisnis Warkop di Gresik

Pengelola Bukit Bintang Cafe (BBC) di Jalan Raya Panggang, Gresik mengusung konsep unik, karena menata ornamen cafenya dengan mengedepankan khas ayam jago. FOTO: SUREPLUS/ALI ZAINI

GRESIK-SUREPLUS: Kota Gresik yang dikenal dengan ikon sejuta warung kopi (Warkop), membuat persaingan usaha di sektor tersebut semakin sengit. Keberadaan resto, cafe hingga warung kaki lima yang hampir memenuhi pinggiran Kota Gresik, menyebabkan pengelolahnya beradu konsep untuk menggaet pelanggan.

Salah satu pengelola Bukit Bintang Cafe (BBC) yang berada di Jalan Raya Panggang, Desa Suci, Kecamatan Manyar, Gresik, Suyanto menuturkan, kendati saat ini banyak cafe dan warung kopi berdiri di Gresik, dirinya, tetap menelurkan ide untuk mendirikan warung kopi berkonsep fauna. Warkop yang diberinama (BBC) itu, ornamennya mengkedepankan khas ayam jago.

“Ciri khas Gresik sebagai ikon kota sejuta warkop membuat banyak pengusaha menekuni usaha ini,” ujar Suyanto selaku pengelola Bukit Bintang Cafe (BBC) kepada Sureplus.id, Minggu (26/08/2018).

Tingginya persaingan antar pengusaha warkop, tidak membuat Suyanto keder. Dirinya, mengaku tidak mempersoalkannya, sebab cita rasa yang khas merupakan modal utama warkop mampu bertahan.

“Meski keberadaan warkop saat ini sangat banyak, namun pembeli tidak akan lari selama cita rasa khas tetap dipertahankan, karena itulah yang utama. Kalau cita rasa buruk, pasti warkop itu tak akan bertahan lama,” ujarnya.

Ia mengusung ornamen khas ayam jago di cafenya. Mulai lampu yang diberi aksesoris kandang ayam jago, hingga seluruh gelas dan cangkir minuman yang bergambar ayam jago. Tidak ketinggalan, lampu sorot kapal dan berbagai barang kuno juga bisa dijumpai di warkop BBC.

Suyanto menjelaskan alasan memilih ayam jago karena hewan tersebut identik dengan jiwa pemberani dan petarung. “Saya berharap seluruh pengunjung yang datang ke sini nantinya memiliki jiwa  optimis dan tangguh menghadapi berbagai persoalan yang sedang dihadapi,” ungkapnya.

Owner Cafe Girihilss ini juga menambahkan, dengan menu yang terjangkau oleh kantong warga masyarakat Gresik. Ia optimis BBC mampu bersaing dengan cafe dan warung kopi lainnya yang sudah berdiri terlebih dulu.

“Soal harga menurut saya bersaing. Selain itu, dengan adanya warung kopi BBC diharapkan juga muncul lagi ikon baru. Sehingga, masyarakat Gresik tidak perlu jauh-jauh mencari lokasi kongkow-kongkow di Surabaya,” tandas Suyanto. (ALI ZAINI/AZT)

Editor: Aziz Tri P