Upaya Entas Kemiskinan, Disperdagin Kota Kediri Tumbuhkan Wirausaha Baru

Warga Kota Kediri yang berminat diberi pembekalan dan praktek membuat produk pangan dan minuman yang aman serta sehat. Tentunya produk kuliner yang bebas zat berbahaya. FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Dinas Perdagangan dan Peridustrian (Disperdagin) Kota Kediri gencar menumbuhkan jumlah wirausaha baru pada tahun 2018. “Upaya ini seiring komitmen Pemkot Kediri untuk mengentas kemiskinan di Kota Kediri,” kata Yetty Sisworini, Kepala Disperdagin Kota Kediri, Sabtu (25/08/2018).

Dia menyebutkan, dalam menumbuhkan jiwa wirausaha ini, pihaknya menggandeng sejumlah Balai Latihan Kerja (BLK) di Jawa Timur. Langkah ini sekaligus memberikan modal tersendiri bagi pengusaha baru. “Kami memberikan pembekalan dan praktek membuat sejumlah produk pangan dan minuman yang aman serta sehat. Tentunya produk kuliner yang bebas zat berbahaya,” ungkapnya.

Yetty Sisworini menambahkan, upaya tersebut digelar secara periodik. Hal ini tentunya dengan membidik warga masyarakat, terutama kaum hawa di berbagai kelurahan di Kota Kediri. “Di tiap kelurahan, pelatihan yang diberikan selalu berbeda. Jadi ke depan, akan terbentuk iklim usaha yang baik di Kota Kediri dan ditunjang oleh kekhasan produk yang berbeda di tiap kelurahan,” katanya.

Beragam pelatihan ini, lanjut ia, di antaranya membuat aneka minuman dan makanan. Misalnya, memproduksi es puter, madumongso, dan keripik jamur. Setelah ikut pelatihan ini, para peserta diharapkan mampu membuka usaha sendiri. Dengan begitu, akan ada penghasilan tambahan bagi perekonomian keluarganya.

“Kami juga mengimbau, agar ke depan para pengusaha baru itu membekali usahanya dengan izin PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), sehingga dapat menunjang keamanan dan kenyamanan bagi konsumen,” katanya. (AYU CITRA SR/AZT)

Editor: Aziz Tri P