Australia Blokir Infrastruktur Huawei 5G dengan Alasan Keamanan Nasional

AUSTRALIA-SUREPLUS: Ambisi Huawei untuk menjadi penyedia infrastruktur 5G terkemuka di dunia mendapat pukulan dari pemerintah Australia. Pemangku kebijakan di negara itu melarang perusahaan China ini memasok infrastruktur 5G dengan alasan demi keamanan nasional. Larangan ini juga berlaku untuk ZTE.

Larangan ini tampaknya tidak jauh berbeda dengan kebijakan pemerintah AS yang melakukan hal yang sama dengan alasan yang sama pula. Seperti diketahui, AS sudah melarang perusahaan di AS untuk menggunakan infrastruktur Huawei maupun ZTE. Bahkan melalui undang-undang baru, AS melarang pejabat dan lembaga pemerintah menggunakan kedua merek tersebut.

Terlepas dari kekhawatiran AS dan Australia, hingga saat ini, belum ada bukti konkrit mengenai kesalahan Huawei, ZTE dan pemerintah China dalam penanganan data penggunanya.

Semua kekhawatiran lebih banyak tentang kontrol yang dilakukan pemerintah China terhadap perusahaan pribumi, selain itu tidak ada kesalahan yang dilakukan kedua perusahaan tersebut. Huawei sendiri terus-menerus bersikeras agar perusahaan menjalankan bisnisnya sesuai dengan aturan internasional.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh perusahaan Huawei di Australia setelah pengumuman larangan dari pemerintah Australia kembali menegaskan bahwa larangan itu tak semata-mata karena kekhawatiran mereka terkait data pengguna.

“Keputusan pemerintah Australia untuk memblokir Huawei dari pasar 5G Australia bermotif politik, bukan hasil dari proses pengambilan keputusan yang berdasarkan fakta, transparan, atau adil,” kata Huawei Australia itu dalam sebuah pernyataan.

Perusahaan juga menyatakan bahwa tindakan pemerintah Australia “merusak prinsip persaingan dan non-diskriminasi dalam perdagangan yang adil.” Huawei Australia juga mempertahankan posisi ini dalam cuitan mereka di akun Twitter resmi milik Huawei Asutralia.(GIZMOCHINA/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas