Robot LG Ini Bantu Manusia Jadi Mesin Super

LG melakukan inovasi di bidang robotika dengan menciptakan robot yang bisa dikenakan layaknya pakaian bagi manusia. FOTO: LG/CNET

KOREA SELATAN-SUREPLUS: Pabrikan elektronik raksasa Korea Selatan, LG, melakukan inovasi di bidang robotika. Namun bukan ansih robot, melainkan robot yang bisa dikenakan layaknya pakaian bagi manusia.

Mesin yang bisa digunakan layaknya celana ini mereka sebut dengan Cloi SuitBot. Ada pun keistimewaan robot ini adalah membantu meringankan kerja manusia.

Robot ini bisa mengubah manusia menjadi sebuah mesin yang tak kenal lelah karena dirancang dengan sambungan-sambungan yang nyaman serta bisa memutar secara alami. Hal ini tentu akan memudahkan si pemakai untuk bergerak atau berjalan, berdiri, atau bekerja untuk waktu yang cukup lama.

Suitbot juga memiliki sepatu built in yang bisa menyesuaikan dengan kaki si pemakai, sehingga pemakainya bisa masuk dan keluar dari robot dengan mudah.

Robot ini merupakan bagian dari rangkaian layanan robot CLOi yang terlihat pertama kali di pameran elektronik CES tahun ini. LG juga mengatakan SuitBot akan terhubung ke robot CLOi lain untuk membentuk bagian dari “jaringan kerja cerdas.” SuitBots ini juga dapat berkomunikasi dengan robot penjaga maupun robot pembersih dari produk yang sama.

Dalam pembuatannya, CLOi SuitBot ini dibangun dalam kemitraan dengan perusahaan Korea Selatan lainnya, SG Robotics.

CLOi SuitBot sendiri merupakan robot exoskeleton alias robot yang dirancang untuk mendukung dan meningkatkan kaki pengguna, kaitannya dengan pekerjaan berat yang dilakukan manusia. Robot ini dirancang untuk pekerja pabrik atau orang-orang yang melakukan pekerjaan dengan beban berat, atau mengoperasikan alat berat serta mobilitas yang lebih besar.

Sebenarnya, ini bukanlah exoskeleton pertama yang pernah ada. Hyundai dan perusahaan Jepang Cyberdyne memiliki keduanya yang memperlihatkan eksoskeleton medis yang dirancang untuk membantu orang dengan mobilitas rendah, sementara Ford juga memiliki robot serupa yang bisa mengurangi ketegangan bagi pekerja yang melakukan tugas berlebihan.

Rencananya, robot ini akan diperkenalkan di IFA 2018 yang berlangsung di Berlin pada akhir Agustus nanti.(CNET/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas