Ngintip Inovasi Anak Negeri di Ajang TTG Kota Madiun

Dalam Lomba Cipta Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG), berbagai temuan kreatif dihimpun dan dikabarkan pada masyarakat. FOTO : MADIUNTODAY.ID

MADIUN-SUREPLUS : Gelaran Lomba Cipta Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) yang digelar Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) melahirkan banyak inovasi menarik. Mulai dari pompa air penyelamat limbah cair, hingga sistem kendali robot pendeteksi ranjau.

“Ini merupakan kegiatan rutin dinas kami. Harapannya, dapat mewadahi sekaligus bentuk apresiasi akan kreativitas pemuda Kota Madiun,” aku Kepala Disnaker Kota Madiun Suyoto Harjo Wiyono, seperti ditulis di laman madiuntoday.id, Kamis (23/8/2018)

Dijelaskan, dalam lomba ini terdapat 34 inovasi menarik hasil buah pemikiran pelajar dari tingkat SMP hingga mahasiswa, dan umum. Kegiatan Lomba Cipta Inovasi TTG ini sudah digelar dua kali. Sebelumnya menjadi kegiatan Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM).

Di kelompok SMP, Lomba Cipta Inovasi TTG diwarnai dengan inovasi kincir angin-listrik dan kunci serbaguna. Sementara kategori SMA-SMK, ada inovasi sistem instalasi listrik by uninterruptible power supply, pompa air penyelamat limbah cair, mesin untir-untir, alat pembuat begel atau kolong cor, hingga power helmet charger.

Di kategori mahasiswa-umum, jumlah inovasi lebih besar. Di antaranya, inkubator penetas telur, alat penjemur dan pengering pakaian otomatis, biofilter penekan polusi udara, pengharum ruang dan sandal daur ulang pelepah pisang, bahkan sistem kendali robot pendeteksi ranjau dan monitor pendeteksi jantung berbasis PC. (PRS/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono