Menteri BUMN Resmikan Tiga Infrastruktur Kelistrikan di Jayapura

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno saat meresmikan infrastruktur kelistrikan di Jayapura, Papua. FOTO : PLN.CO.ID

JAYAPURA-SUREPLUS : Tiga infrastruktur kelistrikan di Jayapura, Papua, akan memperkuat sistem kelistrikan sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Tiga infrastruktur ini meliputi Gardu Induk (GI) 150 kV Jayapura, GI 150 kV Holtekamp, dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Holtekamp-Jayapura milik PT PLN (Persero).

Saat meresmikan infratruktur kelistrikan ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mengatakan, keberadaan gardu induk dan SUTT 150 KV ini nantinya bisa meningkatkan rasio elektrifikasi Papua dan nasional.

Dijelaskan, saat ini rasio elektrifikasi Provinsi Papua dan Papua Barat tercatat di level 53,62 persen dan merupakan provinsi dengan rasio elektrifikasi terendah di Indonesia.

“Sebagai BUMN yang bertanggung jawab bagi kelistrikan di Tanah Air, saya terus mendorong agar PLN terus meningkatkan perbaikan infrastruktur kelistrikan karena listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat,” kata mantan Presiden Direktur PT Kanzen Motor Indonesia ini.

Semakin handalnya listrik di Jayapura, lanjut Rini, ke depan bisa menumbuhkan pusat-pusat ekonomi baru dan memudahkan investor yang ingin berinvestasi di Papua.

Seperti ditulis dalam siaran persnya, PLN mencatat, pembangunan ketiga infrastruktur ini dibangun dalam kurun waktu dua tahun dan memakan biaya investasi sebesar Rp 341 miliar. Biaya ini menggunakan anggaran PLN. (PRS/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono