Kemen PPPA Gelar Lomba Suara Anak Indonesia 2018

Lomba Suara Anak Indonesia 2018
Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan, Kreativitas dan Budaya Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Elvi Hendarni, saat menghadiri konferensi pers Lomba Suara Anak Indonesia 2018. FOTO : KEMENPPPA.GO.ID

JAKARTA-SUREPLUS : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bersama Hana Midori, label musik anak, siap menggelar Lomba Suara Anak Indonesia 2018.

“Saya prihatin, saat ini sulit menemukan anak-anak yang mengenal lagu sesuai usianya. Banyak anak menyanyikan lagu dewasa dengan lirik yang tidak mendidik,” jelas Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan, Kreativitas dan Budaya Kemen PPPA, Elvi Hendarni, saat berbicara dalam konferensi pers, Kamis (23/8/2018).

Dijelaskan, ia sering merasa prihatin saat orang tua hanya diam bahkan bangga melihat anaknya mengikuti perkembangan zaman atau jadi trending topic di media sosial. “Melalui lomba ini, kami memastikan semua anak terpenuhi dan terlindungi hak tumbuh kembangnya, yaitu memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan positif, inovatif, dan kreatif mendukung budaya Indonesia,” kata Elvi.

“Setiap anak memiliki periode tumbuh kembang yang berbeda dan harus dipenuhi. Suguhilah anak dengan lagu yang sesuai untuk usianya,” tegas Elvi.

Terkait pelaksanaan Lomba Suara Anak Indonesia 2018, nantinya akan dibagi dalam dua kategori. Yakni penyanyi anak dan cipta lagu anak. Khusus lomba penyanyi anak, panitia akan mencari anak berbakat dengan suara emas untuk memperkenalkan lagu anak Indonesia kepada rekan-rekan seusianya.

Sementara lomba cipta lagu anak bertujuan menambah khasanah lagu anak yang akan disesuaikan dengan perkembangan zaman, tentunya dengan lirik mendidik dan ramah anak.
“Lagu anak seringkali di nomor dua-kan dalam industri musik Indonesia. Kami harap acara ini dapat melahirkan berbagai penyanyi dan lagu anak yang akan dikenal oleh anak-anak,” harapnya. (PRS/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono