Tingkatkan Kunjungan Wisatawan, Taman Ringin Budho Direnovasi

Taman Ringin Budho
Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara, Taman Ringin Budho, di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri direnovasi. FOTO: SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS : Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke ruang terbuka hijau (RTH) kebanggaan masyarakat Kediri, Taman Ringin Budho, di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri direnovasi.

Krisna Setiawan, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri, menyampaikan, ikon taman wisata bagi warga Kecamatan Pare ini, telah ditutup untuk sementara dari semua aktivitas warga.

“Penutupan objek wisata ini, berlaku bagi pengunjung maupun pedagang. Yang mana, renovasi ini dilakukan sejak Senin tanggal 13 Agustus ini,” kata Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kediri, Krisna Setiawan, di Kediri, Kamis (23/8/2018).

Taman Ringin Budho atau yang sering disebut warga Kecamatan Pare sebagai Tamrin, saat ini memperoleh sentuhan peremajaan. Hal ini supaya warga Pare dan wisatawan bisa berkunjung ke alun-alun yang lebih representatif dan optimal.

Selain itu, juga untuk menambah kenyamanan bagi setiap pengunjung yang ingin rekreasi bersama keluarga maupun kerabat dekatnya. Apalagi, jika melihat kondisinya sebelum direnovasi maka tahapan perbaikan ini memang patut direalisasi.

“Secara keseluruhan, dana yang dianggarkan untuk renovasi Taman Ringin Budho mencapai Rp 1,7 miliar. Upaya ini juga sekaligus menjadikan taman tersebut sebagai penyangga udara atau paru-paru kota,” katanya.

Ke depan, dengan perbaikan tersebut maka Taman Ringin Budho yang kerapkali dipadati wisatawan saat akhir pekan, bakal dilengkapi berbagai sarana memadai.

Misalnya, ada fasilitas penunjang yang sengaja disiapkan gun melengkapi area taman. Mulai Zona Skate Board, mushola, toilet, serta zona bermain anak. Ada pula pos jaga yang akan dipakai oleh sejumlah petugas keamanan.

Di samping itu, Pemkab Kediri juga tak lupa menyiapkan zona parkir. Lantaran, selama ini kebutuhan parkir kendaraan roda empat sangat besar di objek wisata itu.

Pada masa mendatang, juga dibangun zona khusus kuliner. Dengan demikian, berbagai langkah strategis Pemkab Kediri ini makin membuat Taman Ringin Budhi lebih dicintai warga Kediri. Bahkan bisa menjadi destinasi wisata alternatif bagi pengunjung. (AYU CITRA SR/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas