PG Serahkan 18 Sapi dan 87 Kambing Kurban Hasil Riset ke Warga

Dirut PG Nugroho Christijanto (tengah) bersama Dirtekbang PG Arif Fauzan (kanan) menyerahkan sapi kurban kepada Takmir Masjid Nurul Jannah. FOTO: SUREPLUS/ALI ZAINI

GRESIK-SUREPLUS: PT Petrokimia (PG) sebagai anak perusahaan Pupuk Indonesia menyerahkan sebanyak 18 ekor sapi jenis limousin, ongole, dan simental hasil riset kepada warga di sekitar perusahaan. Selain sapi, perusahaan pupuk yang ber-home based di Gresik itu juga menyerahkan 87 ekor kambing. Semua hewan itu diberikan ke warga dalam rangka menyambut Idul Adha 1439 H.

Direktur Utama PG Nugroho Christijanto menyatakan bahwa momen Idul Adha merupakan saat yang tepat bagi umat muslim untuk memupuk sifat rela dan ikhlas berkurban, serta saling berbagi kepada sesama.

“Berkurban berarti mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus meningkatkan kepedulian sosial terhadap sesama, terutama kepada saudara kita yang kurang mampu,” ujar Nugroho usai menyerahkan hewan kurban secara simbolis kepada pengurus Masjid Nurul Jannah PG di Gresik, Rabu (22/8/2018).

Pembagian hewan kurban, lanjut Nugroho, merupakan agenda rutin PG setiap perayaan Idul Adha. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud syukur perusahaan atas doa serta dukungan warga sekitar. Sehingga, PG dapat menjalankan tugas penyaluran pupuk bersubsidi dan mewujudkan dirinya sebagai produsen pupuk dan bahan kimia dengan solusi bagi agroindustri di Indonesia.

“Melalui hewan kurban ini, kami memohon dukungan dan doa kepada warga sekitar agar Petrokimia Gresik senantiasa memiliki kinerja yang baik dan beroperasi dengan lancar. Sehingga mampu memberikan solusi bagi pertanian dan agroindustri di Indonesia,” tutup Nugroho.

Sebagian hewan kurban sapi yang diberikan PG merupakan sapi yang dipelihara di pusat riset PG. Adapun sapi terberat dari pusat riset PG yang dikorbankan adalah jenis simental dengan bobot 648 kilogram. Sapi ini diberikan pakan yang diperkaya dengan Petro Biofeed, yaitu produk probiotik cair hasil riset PG yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta mengefektifkan penyerapan nutrisi pada proses pencernaan.

Berdasarkan hasil riset PG, Petro Biofeed mampu menaikkan bobot sapi rata-rata 0,8 hingga 1,3 kilogram per hari. Tidak hanya sapi, Petro Biofeed juga bisa digunakan pada pakan ternak hewan ruminansia lainnya, seperti kambing dan domba.

Petro Biofeed bisa didapatkan di Petromart, yaitu gerai yang menjual berbagai produk pengembangan PG. Petromart juga menjual sejumlah peralatan pertanian dan menjadi klinik konsultasi kegiatan usaha tani.

Saat ini, Petromart telah tersebar ke sejumlah daerah di Jawa Timur, seperti Gresik, Bojonegoro, Nganjuk, Pasuruan, Bondowoso, Tuban, Probolinggo, Malang, dan Batu. (ALI ZAINI/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas