Huawei Luncurkan EMUI 9.0 Berbasis Android Pie di IFA 2018

CHINA-SUREPLUS: Android Pie resmi dibuat beberapa minggu lalu dan hanya tersedia pada smartphone dari line-up Google Pixel serta ponsel Esensial PH-1. Namun kabar terbaru menyebutkan bahwa Huawei segera mengirimkan versi utama terbaru OS tersebut pada perangkatnya.

Menurut pejabat perusahaan, antarmuka pengguna kustom baru EMUI 9.0 berbasis Android Pie akan diumumkan secara resmi di salah satu pameran teknologi terbesar tahun ini, IFA 2018 yang berlangsung di Berlin pada 31 Agustus 2018 mendatang.

Perusahaan ini juga telah mengonfirmasi bahwa pembaruan pertama ke versi ini akan mulai diluncurkan tepat setelah pengumuman itu dilakukan. Nah, mengingat jadwal pengumuman itu dilakukan di hari terakhir Agustus, bisa dipastikan pembaruan mulai dikirimkan pada bulan September.

Dengan begitu, Huawei akan menjadi perusahaan pertama yang memperbarui perangkat utamanya ke Android Pie. Sedangkan Smartphone pertama yang menerima pembaruan adalah yang berasal dari seri Huawei P20. Bersama dengan mereka, seri Mate 10 (termasuk edisi RS Porsche Design). Untuk pengiriman versi ini pada setiap perangkat bisa jadi akan dilakukan secara bertahap.

Spekulasi lain mengatakan, bahwa seri Mate 9 juga bisa menerima pembaruan ini. Sayangnya, tidak ada konfirmasi resmi mengenai perangkat lain dari perusahaan China itu yang menerima pembaruan OS ini.

Hanya saja, bisa jadi perangkat andalan sub-merek dari Huawei (Honor) juga akan diperbarui, beberapa di antaranya Honor 10 dan V10. Setidaknya, hal ini mengacu pada konfirmasi sebelumnya, dimana dikabarkan bahwa Huawei juga sedang mengerjakan pengujian pembaruan untuk kedua perangkat ini.

EMUI 9.0 berbasis Android Pie sendiri dipastikan akan membawa beberapa peningkatan, sama seperti setiap versi Android utama. Salah satunya peningkatan pada pengelola daya baterai yang lebih baik. (ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas