Huawei Mate 20 Lite Hadir Lebih Dulu Ketimbang Mate 20 dan Mate 20 Pro

CHINA-SUREPLUS: Huawei akan meluncurkan duo ponsel andalannya, Mate 20 dan Mate 20 Pro, pada Oktober mendatang. Namun sebelum kedua perangkat itu, ponsel mid-range yang diberi nama Mate 20 Lite tampaknya bakal lebih dulu tiba di pasaran. Setidaknya tanda-tanda itu sudah muncul dengan banyaknya bocoran yang beredar dalam beberapa minggu terakhir.

Tahun lalu, pabrikan asal Cina ini telah meluncurkan smartphone Maimang 6 di China dan beberapa pasar lain, namun dengan nama Mate 10 Lite. Melihat kesamaan itu, Maimang 7 yang baru-baru ini sudah mendapatkan sertifikasi besar kemungkinan akan dinamakan sebagai Mate 20 Lite.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai Mate 20 Lite tersebut, sejumlah gambar bocoran telah beredar luas. Gambar tersebut tak menampilkan desainnya saja, tapi juga spesifikasi ponsel tersebut.

Dari gambar yang ada, bisa diketahui smartphone ini memiliki layar besar. Perangkat ini juga memiliki panel IPS LCD 6,3 inci yang menghasilkan resolusi Full HD + 1080 x 2340 piksel.

Pada tepi bawah ponsel ini terdapat colokan audio 3,5 mm dan port USB-C. Mate 20 Lite dibekali baterai berdaya 3.750 mAh dengan dukungan untuk pengisian cepat.

Sementara pada dapur pacunya, perangkat ini akan menggunakan chipset Kirin 710 SoC dikombinasi dengan RAM 6 GB dan penyimpanan internal sebesar 64 GB. Mate 20 Lite akan berjalan dengan Android 8.1 Oreo.

Dari gambar tersebut ditunjukkan bahwa Mate 20 Lite akan dilengkapi dengan teknologi HDR Pro untuk mempercantik foto selfie dengan meningkatkan kontras dan warna.

Di sektor kamera, di bagian depannya Mate 20 Lite memiliki aperture f/ 2.0 dengan sensor utama 24 megapiksel dan sensor sekunder 2 megapiksel selfie kamera yang diatur dalam konfigurasi ganda. Qmoji alias emoji 3D dari Huawei yang dapat meniru ekspresi dan suara pengguna juga akan tersedia di ponsel ini.

Selain itu, smartphone ini didukung AI yang dapat mengoptimalkan pengalaman fotografi pada Mate 20 Lite. Perangkat ini akan diaktifkan dengan mampu mendeteksi hingga 500 adegan untuk memotret foto yang ditingkatkan dengan jumlah warna dan kontras yang tepat.

Bagian belakang ponsel akan menampilkan pengaturan kamera ganda yang disusun secara vertikal. Kameranya memiliki aperture f/1.8 dengan sensor primer 20 megapiksel dan sensor sekunder 2 megapiksel. Kamera belakang ganda akan membawa dukungan untuk pemotretan video gerakan lambat pada 480 fps.

Perangkat ini rencananya akan diluncurkan secara resmi pada 15 September.(GIZMOCHINA/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas