BWA Sholat Idul Adha Lebih Awal dan Infaq untuk Gempa Lombok

Sebagian masyarakat sudah menjalankan sholat Idul Adha pada Selasa (21/8/2018). FOTO: SUREPLUS/AHMAD MUKTI

GRESIK-SUREPLUS: Meski sebagian besar umat muslim di Indonesia baru melaksanakan sholat Idul Adha 1439 H pada 22 Agustus 2018, di Gresik ada sebagian masyarakat yang sudah menjalankan sholat Idul Adha pada Selasa (21/8/2018).

Kelompok yang melakukan sholat Idul Adha lebih cepat dibanding mayoritas umat muslim di Tanah Air itu adalah Jamaah Badan Wakaf Alqur’an (BWA).

Dari keterangan Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro, sholat Idul Adha yang digelar BWA itu berlokasi di lapangan parkir Giant, Jalan Kalimantan, Gresik Kota Baru (GKB). “Polisi mengamankan agar tak terjadi gesekan,” tuturnya.

Dari keterangan Kapolres, ada sebanyak 200 Jamaah Badan Wakaf Al-Qur’an (BWA) yang mengikuti sholat Idul Adha. Sholat itu sendiri dimulai pukul 05.45 WIB dengan imam ustad KH. Mukhtar Ghozali, dan khotib KH.Faiq Furkon. Dalam pelaksanaannya proses ibadah BWA ini dijaga oleh aparat kepolisian, dan TNI yang berseragam preman.

Badan Wakaf Al-Qur’an sendiri merupakan sebuah lembaga filantropi yang di percaya masyarakat untuk mengelolah program wakaf bagi daerah rawan aqidah, dan pendidikan Indonesia.

Badan wakaf yang berdiri sejak tahun 2007 itu telah mengirim Al-Qur’an wakaf ke berbagai wilayah Indonesia meliputi beberapa daerah seperti Sumatra, Jawa, Kalimantan, NTB, NTT hingga Papua.

Usai melaksanakan sholat Idul Adha, panitia Badan Wakaf Al-qur’an (BWA) menyiapkan kotak infaq untuk membantu korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Infaq yang terkumpul tersebut rencananya akan mereka kirimkan ke Lombok setelah dihitung. Selain bantuan berupa uang, juga ada Alqur’an.(ALI ZAINI/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas