Banyuwangi Borong Lima Penghargaan di Karya Tari Nasional

Festival Karya Tari Nasional
Aksi tim tari Banyuwangi dalam Festival Karya Tari Nasional, di Jakarta. Di festival ini, tim tari Banyuwangi memborong lima penghargaan. FOTO : HENDRO SUCIPTO

BANYUWANGI-SUREPLUS : Tim tari Banyuwangi memborong lima penghargaan dalam Festival Karya Tari Nasional, di Jakarta. Tim yang terdiri dari sembilan penari itu meraih penghargaan kategori penyaji terbaik se Jawa-Bali, 5 penata tari unggulan, 5 penata musik unggulan 5 penata rias dan busana ungggulan, dan 13 penyaji unggulan.

“Meski tidak mendapat penghargaan terbaik, namun kami bisa meraih predikat unggulan dari 28 provinsi yang ikut serta,” ujar Pimpinan Sanggar Umah Seni Kuwung Wetan, Dwi Agus Cahyono, Selasa (21/8/2018).

Dalam festival ini Banyuwangi mengirimkan Tarian Niskala Seblang. Tim ini mewakili provinsi Jawa Timur dalam kompetisi yang digelar pada 19 Agustus lalu.

Dwi mengatakan, Niskala Seblang yang dibawakan di ajang ini merupakan kisah tradisi Seblang Olehsari. Sebuah ritual tolak bala warga Desa Olehsari, Kecamatan Glagah Banyuwangi. Tari Seblang ini digelar setiap 2 Syawal selama tujuh hari berturut-turut, dibawakan oleh gadis muda yang menari dalam kondisi kesurupan.

“Ajang ini memperkaya wawasan kami tentang pementasan seni. Kita juga banyak mendapatkan hikmah dan pengalaman berharga di ajang ini. Banyak pelajaran berharga dalam proses yang kita lalui,” tambahnya.

Dipilihnya Tarian Niskala Seblang mewakili Jawa Timur, karena sebelumnya tarian ini memenangi ajang Festival Karya Tari tingkat kabupaten dan provinsi. (HENDRO SUCIPTO/HDL)

Editor: Hendro D. Laksono