Hadirkan Beragam Soto dan Kopi Nusantara di Stand Asian Games

Ikut mempromosikan pelaku ekonomi kreatif di Asian Games 2018, Bekraf hadir di Asian Festival 2018 dengan beragam kuliner soto, minuman kopi maupun fashion streetwear. FOTO: BEKRAF.GO.ID

JAKARTA-SUREPLUS: Perhelatan Asian Games 2018 yang diikuti 45 negara dengan 11.478 atlet pada 40 cabang olahraga, membuka peluang bagi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mempromosikan pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) di tanah air.

Bekraf pun berupaya mengenalkan aneka ragam cita rasa Nusantara dan fashion Indonesia kepada pulbik Asia dan dunia, seperti dikutip dari situs bekraf.go.id.

“Kami berharap kesempatan ini dapat memberikan peluang bagi pelaku Ekraf yang terpilih, untuk memasarkan produknya, khususnya kepada tamu-tamu negara yang berpartisipasi dalam event Asian Games di GBK ini,” ujar Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Puji Mulia Simandjuntak.

Berlokasi di Zona Atung, beragam masakan soto ditampilkan, seperti Soto Ayam Lamongan, Soto Betawi maupun Soto Banjar, dalam satu paviliun Unity in Diversoto. Selain itu juga ditawarkan berbagai minuman kopi dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia.

Sub sektor kuliner dipilih Bekraf karena dinilai memberikan kontribusi yang cukup besar, yaitu 30 persen dari total pendapatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Industri kuliner juga mempunyai potensi yang sangat kuat untuk berkembang. Maka pemerintah akan mendukung sub sektor ini supaya lebih maju.

Tidak ketinggalan di Zona Kaka, Bekraf menggandeng fashion streetwear lokal dari berbagai merk, yang dapat menjadi pilihan. Di antaranya Maris, Runhood x Footurama, Public Culture, Volt & Fast, Danjyo Hyoji dan Taka.

Sub sektor fashion dipilih Bekraf karena tren fashion yang senantiasa berubah dengan cepat. Dalam hitungan bulan, selalu muncul mode fashion baru. Ini tak lepas dari produktivitas para desainer fashion lokal yang inovatif dan munculnya generasi muda kreatif. Di sisi lain, subsektor ini harus menghadapi banyak tantangan.

Bagi para pengunjung yang ingin datang ke paviliun Bekraf di Zona Atung dan Zona Kaka, maka dapat diakses melalui pintu 5, 6 dan pintu 7, GBK. Paviliun ini akan buka selama berlangsungnya event Asian Games, sejak tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang. (PRS/AZT)

Editor: Aziz Tri P