Romantisme Teluk Love di Pantai Payangan

Teluk Love di Pantai Payangan, Jember. Disebut Teluk Love, karena garis pantai yang melengkung membentuk lambang hati atau Love. FOTO: JEMBERTOURISM.COM

JEMBER-SUREPLUS: Mengapa disebut Teluk Love? Karena dilihat dari sisi timur bukit, tampak pemandangan teluk di bawahnya yang memiliki garis pantai melengkung membentuk lambang hati atau love. Cukup unik bukan?

Teluk Love ada di Desa Kepatihan, Kaliwates, Ambulu atau tepatnya di Pantai Payangan. Sedangkan Pantai Payangan sendiri berada di gugusan Samudera Indonesia, dengan panorama alam yang indah. Ini merupakan bagian dari tiga pantai yang ada di kawasan Pantai Watu Ulo.

Dikutip dari jembertourism.com, Pantai ini memiliki deretan bukit. Dari atas bukit sebelah timur inilah Anda dapat menikmati pemandangan mempesona berupa garis pantai yang melengkung membentuk lambang hati atau Love. Di sini kita bisa memancing, gathering, camping dan menikmati ikan bakar.

Lokasi ini juga bagus sebagai spot pemotretan pre-wedding ataupun modelling. Anda juga dapat membeli souvenir dan ikan segar. Teluk Love dulunya hanya sebuah bukit yang biasa digunakan untuk menggembala kambing. Barulah sekitar 2015, memiliki nama baru, Teluk Love.

Jika Anda berminat ke Teluk Love, arahkan kendaraan menuju Ambulu atau arah selatan Jember, kemudian ikuti marka petunjuk jalan ke arah Pantai Papuma atau Pantai Watu ulo. Karena lokasi Teluk Love setelah Pantai Watu Ulo. Berjalanlah menuju sisi timur Pantai Payangan.

Demi kenyamanan, sudah disediakan area camping ground di sisi selatan bukit yang ditandai dengan tiang bendera Merah Putih. Pada spot ini, umumnya digunakan sebagai lokasi terbaik untuk menikmati sunset dengan jelas.

Terlihat pula beberapa gugusan pulau karang. Jika diperhatikan, terdapat bentuk-bentuk dari setiap pulau karang yang ada. Mulai bentuk gajah yang tertidur, kura-kura, anjing yang sedang duduk hingga bentuk dua orang yang sedang mengobrol.

Cukup unik? Tak heran jika banyak wisatawan yang mengaku betah untuk berlama-lama di tempat ini. Sehingga rasanya patutlah memasukkan nama Teluk Love Payangan sebagai pantai di Jember yang wajib dikunjungi. (PRS/AZT)

Editor: Aziz Tri P