Pesona Alam Eksotis Pulau Cina Bawean

Pulau Bawean, Gresik, memiliki banyak potensi wisata, salah satunya adalah Pulau Cina di Kecamatan Tambak. FOTO: Bawean.eastjava.com

GRESIK-SUREPLUS: Pulau Bawean, Gresik, memiliki banyak potensi wisata, salah satunya adalah Pulau Cina di Kecamatan Tambak.  Salah satu eksotisme pulau ini terletak pada gugusan batu karangnya yang sangat indah.

Salah satu batu karang yang cukup berkesan bagi banyak pelancong  yang pernah mendatangi tempat ini adalah gugusan batu karang kembar yang berdiri tinggi menjulang.

Dikombinasi dengan beningnya air serta ekosistem bawah laut yang masih terjaga, terumbu karang dan sejumlah ragam ikan berwarna-warni, pulau ini benar-benar surga dunia bagi para wisatawan penghobi snorkeling. Sebab begitu banyak spot indah yang bisa mereka dapatkan di Pulau Cina.

Apalagi untuk melihat pemandangan bawah laut, wisatawan tidak perlu menyelam terlalu dalam, cukup satu meter sudah bisa melihat pesona hayati laut di pulau ini. Wajar jika kemudian wisatawan sangat betah berlama-lama.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gresik, Drs. Mighfar Syukur M.M. menyatakan, pulau ini salah satu destinasi wisata yang sangat diminati wisatawan karena Pulau Cina ini masih menyuguhkan pemandangan natural.

Hal ini tak lepas dari peran nelayan dan masyarakat sekitar yang turut menjaga keasliannya, khususnya ekosistem bawah lautnya. Mereka juga aktif memberikan arahan kepada pelancong agar tak merusak atau mengambil sesuatu dari Pulau ini.

“Nelayan dan masyarakat di sini kalau cari ikan tidak mau merusak apa pun yang ada di sini. Tidak ada nelayan yang menggunakan potasium maupun bom ikan. Mereka bahkan ikut mengingatkan wisatawan agar tak menyentuh atau menggerakkan ujung terumbu karang,” terang Mighfar.

Mighfar berharap, ke depannya Pulau Cina yang ada di Pulau Bawean ini semakin dikenal masyarakat luas, khususnya di Jawa Timur. Sehingga tidak perlu jauh-jauh ke pulau lain untuk mendapatkan pemandangan indah, atau ingin bersnorkeling.(ZAL) 

Editor: Fahrizal Arnas