Pemkab Ponorogo Pastikan Hewan Kurban Dalam Kondisi Baik

Petugas memeriksa kondisi sapi untuk memastikan hewan kurban yang dijual cukup sehat dan baik untuk dikonsumsi. FOTO : ponorogo.go.id

PONOROGO-SUREPLUS : Tim Kesehatan Hewan Bidang Peternakan (Keswan Bidnak), Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Ponorogo, menggelar inspeksi kesehatan di pasar dan sejumlah kandang ternak, Rabu (15/8/2018).

Dari pemeriksaan rutin yang dilakukan jelang Idul Adha ini dipastika hewan kurban yang dijual dalam kondisi baik. Kasi Kesehatan Hewan Bidnak Distan Ponorogo Siti Barokah mengatakan, pihaknya telah berkeliling ke sejumlah tempat seperti pasar dan peternakan sejak sepekan terakhir.

“Pemeriksaan kesehatan hewan kurban dilakukan guna memberikan jaminan pada masyarakat bahwa sapi atau kambing yang dijual merupakan jenis hewan yang sehat, tidak menderita penyakit berbahaya,” jelasnya di sela pemeriksaan hewan di Pasar Hewan Jetis, Ponorogo, seperti ditulis di laman ponorogo.go.id.

Ditambahkan, pemeriksaan yang dilakukan ini juga upaya untuk meyakinkan calon pembeli, ternak yang akan dijadikan hewan kurban sudah memenuhi syariat. Yaitu pernah tanggal dua giginya dan tidak cacat pada alat kelaminnya. “Hasilnya cukup bagus,” tambah Siti.

Meski diakui, di sebuah tempat Tim Keswan Bidnak Distan Ponorgo sempat menemukan adanya sapi yang berpenyakit kaskado atau cacing mata. Meski demikian Tim Keswan menganggapnya tidak berbahyaya bagi manusia. (PRS/HDL)

Editor: Hendro D. Laksono