Kinerja Ekonomi Indonesia Dinilai Terus Membaik

Pertumbuhan ekonomi yang stabil dan pengendalian inflasi yang terjaga, membuat pertumbuhan ekonomi jadi lebih berkualitas. Tampak aktivitas perekonomian di pasar tradisional. FOTO: SUREPLUS/AKBAR INSANI

JAKARTA-SUREPLUS: Kinerja ekonomi Indonesia terus membaik. Beberapa prestasi yang dicapai adalah pertumbuhan ekonomi yang stabil, di tengah situasi ekonomi global yang penuh ketidakpastian. Tingkat inflasi yang terkendali, angka kemiskinan yang turun dan ketimpangan yang semakin kecil.

“Ekonomi kita terus tumbuh di kisaran 5 persen per tahun, di tengah ketidakpastian ekonomi dunia yang sedang berlangsung. Inflasi selalu pada kisaran 3,5 persen. Ini sebuah pencapaian yang luar biasa untuk menjaga daya beli rakyat,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis (16/08/2018).

Presiden Jokowi menyampaikan hal tersebut pada pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-73 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, di depan sidang bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di ruang rapat Paripurna DPR-MPR, Jakarta, Kamis (16/08/2018).

Dikutip dari berita kemenkeu.go.id, dipaparkan oleh Presiden, pertumbuhan ekonomi yang stabil dan pengendalian inflasi yang terjaga, membuat pertumbuhan ekonomi menjadi lebih berkualitas dan dapat dirasakan dampaknya. Angka pengangguran terbuka pun turun menjadi tinggal 5,13 persen pada Februari 2018.

Persentase kemiskinan Indonesia turun ke angka satu digit, untuk pertama kalinya dalam enam tahun belakangan, yaitu menjadi 9,82 persen pada Maret tahun 2018. Indonesia sudah berhasil menekan angka kemiskinan dari 28,59 juta atau 11,22 persen pada bulan Maret tahun 2015 menjadi 25,95 juta atau 9,82 persen pada Maret tahun 2018.

“Kita bersyukur bisa mencapai tingkat ketimpangan terendah dalam enam tahun terakhir, yaitu Rasio Gini sudah turun menjadi 0,389. Tapi, upaya mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tidak pernah berhenti,” kata Jokowi. (PRS/AZT)

Editor; Aziz Tri P