Kabupaten Sidoarjo Hadirkan 11 Sentra UMKM di Grand City Surabaya

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah bersama Gubernur Jawa Timur Soekarwo saat menghadiri UMKM Expo 2018, Grand City Mal Surabaya. FOTO : SUREPLUS/AKBAR INSANI

SURABAYA-SUREPLUS : Kabupaten Sidoarjo menghadirkan 11 sentra UMKM dan 24 stan UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Kabupaten Sidoarjo di UMKM Expo 2018, Grand City Mal Surabaya, 15-19 Agustus 2018. Event ini sendiri diikuti 229 pelaku usaha kecil menengah dari seluruh Indonesia.

“Sidoarjo itu kota usaha mikro kecil menengah, Kota UMKM di Indonesia. Sidoarjo mempunyai sentra kerajinan batik, kulit, dan krupuk. Produk-produk dari sentra ini sudah ada yang mencapai penjualan di luar negeri,” ujar Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, seperti ditulis di laman sidoarjokab.go.id.

Ini, lanjutnya, menandakan jika Sidoarjo telah banyak mengalami perkembangan pasca luapan Lumpur Lapindo. Seperti diketahui, pada 2006 kabupaten ini sempat terpuruk akibat bencana lumpur.

“Banyak perusahaan yang merugi bahkan ada yang gulung tikar. Namun pada 2010 Sidoarjo bangkit dan pertumbuhan ekonominya semakin baik,” lanjut bupati yang dulu pernah aktif sebagai pengusaha tambak ini.

Lebih jauh ia menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Sidoarjo mencapai angka 7,13 persen. Angka ini menunjukkan bahwa capaian pertumbuhan ekonomi sudah di atas rata-rata nasional. “Sidoarjo juga pernah menjadi juara umum ‘Investment Award’ dari total 38 kabupaten se-Jawa Timur yang diberikan oleh Gubernur Jatim Soekarwo,” ujar Dirut PT Mitralam Kalimantan Persada ini bangga. (PRS/HDL)

Editor: Hendro D. Laksono