Antena TV HD Multi Directional, Produk Lokal yang Go International

Antena OMNI DS-1 360 Multi Directional, produk anak bangsa yang menggunakan bahan hampir 100 persen produk lokal. FOTO : ISTIMEWA

JAKARTA-SUREPLUS : Saat diluncurkan tiga tahun lalu, produk Omni-DS1 langsung jadi pembicaraan hebat di dunia maya. Pujian yang bergulir waktu itu, Omni-DS1 yang berukuran compact, memiliki kualitas layaknya sebuah parabola.

“Kita bisa menikmati siaran televisi dengan kualitas HD dan menangkap channel lebih banyak dari antena di kelas yang sama,” aku Iman Pribadi, kreator Omni-DS1. Di luar itu, lanjutnya, ukuran antena ini memungkinkan penggunaan di lingkungan padat penduduk. Seperti perkampungan, perkantoran, apartemen, bahkan wilayah perbukitan.

Tahun 2017 lalu, usai sukses meraup laba dari penjualan antena seri perdana, Iman bekerja keras untuk membuat versi barunya. “Versi baru sedikit lebih berat. Karena ada beberapa bagian yang dirubah. Seperti lebar dan ketebalan wing. Broadband lebih lebar, jangkauan penerimaan lebih luas,” jelas warga Tebet Barat Dalam Raya, Jakarta ini.

Dibanderol dengan harga Rp 270 ribu, termasuk satu unit OMNI DS-1 360 Multi Directional TV Antena dan kabel sepanjang 25 meter, produk Iman tidak hanya dilirik warga Jakarta. Mengandalkan penjualan di sosial media dan lapak-lapak online, antena ini ternyata diburu pembeli dari seluruh Indonesia bahkan luar negeri.

Bisa dimaklumi, OMNI DS-1 dinilai pas jadi solusi untuk daerah yang memiliki banyak siaran TV. “Antene ini juga bisa digunakan untuk indoor dan outdoor, tanpa harus putar antena ke sana kemari. Alias multi directional 360 derajat,” papar Iman.

Secara umum, spek antenna Omni-DS1 buatannya didesain untuk channel DTV 470-862MHz dan DMB 88-240MHz. Memiliki gain 8 dBi, VSWR kurang dari 2, dan impedance 75 Ohm. Salah satu kelebihan produk ini adalah kemampuannya bisa bekerja pada TV analog dan digital.

“Ini produk karya anak bangsa, dengan total kandungan dalam negeri hampir mendekati 100 persen. Yang luar negeri hanya kabel coaxial teflon sebagai pembagi impedansi. Selebihnya material yang dibuat di negeri ini,” tukas Iman. (HDL)

Editor : Hendro D. Laksono