ZTE Mulai Operasikan Jaringan 5G di Paruh Kedua Tahun Ini

CHINA-SUREPLUS: Perusahaan-perusahaan alat telekomunikasi di China saat ini sedang berlomba-lomba mengadopsi teknologi 5G. Mereka berusaha untuk menjadi yang pertama meluncurkan jaringan ini, salah satunya ZTE.

Setelah berkali-kali menyatakan ambisinya untuk menjadi pemimpin dalam persaingan ini, ZTE akhirnya mengumumkan keberhasilannya menyelesaikan pengujian teknologi jaringan nirkabel dalam ruangan 3,5 gigahertz dan core kelima dalam pengujian nasional fase ketiga China terhadap matriks komunikasi pada 20 Juli 2018 lalu.

Tes 5G dilakukan secara kolektif oleh kelompok promosi yang dimotori oleh Kementrian Industri dan Teknologi Informasi China. Menurut pernyataan publik pada akun WeChat ZTE, tahap ketiga merupakan fase terakhir sebelum teknologi dapat dikomersilkan.

ZTE sendiri berencana untuk mengomersilkan teknologi 5G dengan operasi percobaan yang dijadwalkan untuk paruh kedua tahun ini. Ini akan menjadi permulaan sebelum dioperasikan secara komersial dan lebih luas pada tahun depan.

Peluncuran ini akan mengantar fase baru pembangunan infrastruktur untuk teknologi gelombang berikutnya. Jumlah total BTS di seluruh China diperkirakan akan melebihi 10.000, sehingga menguntungkan bisnis di seluruh rantai sektor telekomunikasi.

Teknologi 5G akan mengambil alih jaringan 4G dan menawarkan peluang baru, bukan hanya di sektor telekomunikasi tetapi juga beberapa sektor lainnya. 5G dikabarkan 100 kali lebih cepat dibanding teknologi 4G saat ini.(GIZMOCHINA/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas