Satelit Merah Putih Diluncurkan Siap Gantikan Fungsi Telkom-1

Mewakili Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Farida Dwi Cahyarini hadir menyaksikan peluncuran Satelit Merah Putih di Telkom Landmark Tower, Jalan Gatot Subroto, Jakarta. FOTO : KOMINFO.GO.ID

JAKARTA-SUREPLUS : Bersama roket Falcon 9 milik SpaceX, Satelit Merah Putih atau Telkom-4 meluncur ke angkasa, Selasa (07/08/2018). Peluncuran dilakukan di Cape Canaveral, Air Force Station, Florida, Amerika Serikat. Rencananya, satelit ini akan menempati slot orbitnya di posisi 108 derajat Bujur Timur (108 BT), tepat di atas Selat Karimata, Kalimantan Barat.

Menanggapi keberhasilan PT Telkom ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan apresiasinya melalui video dalam Live Stream Peluncuran Satelit Merah Putih di Telkom Landmark Tower, Jakarta.

“Dari sisi kapasitas, kita masih membutuhkan banyak kapasitas satelit. Karenanya saya senantiasa mendorong teman-teman penyelenggara satelit, khususnya Telkom, untuk mencari jalan baru untuk memenuhi kebutuhan satelit Indonesia yang berkembang sangat luar biasa,” jelasnya.

Menkominfo yakin, ke depan, Telkom akan terus meluncurkan satelit dengan kapasitas maupun teknologi yang baru.

Melengkapi pernyataan ini, Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Farida Dwi Cahyarini berharap, keberadaan Satelit Merah Putih ini nantinya bisa memperkuat infrastruktur telekomunikasi dan layanan kepada masyarakat Indonesia.

Satelit Merah Putih nantinya akan memutari bumi hingga mencapai lokasi geostationer selama 11 hari ke depan. Satelit yang memiliki masa operasi sampai 16 tahun itu nantinya akan menggantikan satelit Telkom 1 yang masa aktifnya masih bertahan sampai 2022. (PRS/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono