Disbudpar Bangkalan Optimis Jumlah Kunjungan Wisata Tetap Naik

Wisata Bukit Pelalangan, Arosbaya, jadi salah satu destinasi wisata khusus di Bangkalan yang potensial. Bersama aset wisata lainnya, Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Bangkalan optimis kunjungan wisata tahun ini bisa meningkat. FOTO : UNSPLASH.COM

BANGKALAN-SUREPLUS : Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Bangkalan optimis, jumlah kunjungan wisata di daerahnya tahun ini akan meningkat. Meski di tahun-tahun sebelumnya, jumlah kunjungan di angka yang kurang menggembirakan.

“Penyebab menurunnya kunjungan wisata karena banyak pengelola wisata tidak melaporkan jumlah kunjungan secara rutin,” kata Kepala Disbudpar Bangkalan Lily Setiawaty Mukti.

Ditulis di laman bangkalankab.go.id, berdasarkan data di Disbudpar Bangkalan, pada 2015 tercatat 1.777.251 wisatawan yang berkunjung ke Bangkalan. Lalu 2016 turun menjadi 1.694.092, dan 2017 menjadi 1.349.422 kunjungan. Khusus data 2017, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) 281 orang dan kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) 1.349.141 orang.

Untuk itu Lily bersama timnya terus menyusun rencana induk pembangunan kepariwisataan kabupaten (Ripparkab) Bangkalan. Dalam rancangan ini terdapat proyeksi peningkatan kunjungan wisata selama 15 tahun.

Pada laporan evaluasi Ripparkab, jumlah kunjungan wisata ke Kabupaten Bangkalan yang selama ini ditarget lima persen dinilai terlalu besar. Untuk itu dalam Ripparkab yang baru target ini akan diturunkan. “Provinsi saja menarget 2,5 persen,” tegasnya. (PRS/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono