Wana Wisata Kakek Bodo siap Rangkul Perajin Jawa Timur

Air Terjun Kakek Bodo, salah satu spot wisata andalan Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur. Ke depan, wana wisata ini akan terus dikembangkan, termasuk pembangunan area display produk kerajinan UKM Jatim. FOTO : ISTIMEWA

PASURUAN-SUREPLUS : Melengkapi deretan cluster di area Wana Wisata Kakek Bodo, Kesatuan Bisnis Mandiri (KBM) Ecotourism Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur siap berkolaborasi dengan para perajin. Rencananya, mereka akan diberi tempat untuk mendisplay produk kerajinan di area yang berdekatan dengan cluster keluarga.

“Selain melengkapi cluster-cluster di wana wisata, upaya merangkul para perajin ini selaras dengan komitmen kami untuk turut mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) Jawa Timur,” ungkap Berthus Sudarmeidi, General Manager KBM Ecotourism Perhutani Jatim, pada Sureplus.id, Selasa (7/8/2018).

Sebelumnya, pihak KBM sudah menyiapkan skenario pengembangan Wana Wisata Kakek Bodo dengan membuat cluster-cluster untuk menjawab kebutuhan wisatawan. Seperti pembuatan cluster anak, remaja, dan keluarga.

“Karena harapan kami, wana wisata ini terbuka untuk siapa saja,” kata Berthus. Hingga saat ini, pihaknya masih fokus pada upaya pembenahan di beberapa tempat. Termasuk pembuatan panggung musik di salah satu area dalam wana wisata.

Berthus mengaku, pihaknya sudah dua kali mencoba mengembangkan gagasan ini. Seperti minggu pertama Juli 2018 lali, digelar event Kakekbodo ber-Reggae. Sebelumnya, meski berstatus ‘numpang’, digelar pula event musik dalam Kuliner Imlek.

“Intinya pada upaya atau terobosan saja, agar Wana Wisata Kakek Bodo bisa makin diterima khalayak. Kalau selama ini lekat dengan imaji wisata petualangan, kini pada siapa saja,” jelasnya.

Kawasan Wana Wisata Kakek Bodo terletak di lereng Gunung Welirang, Pegunungan Prigen, Jawa Timur. Untuk menuju tempat wisata ini terbilang mudah. Dari Kota Surabaya misalnya, jarak tempuh kurang lebih 66 kilometer. Sementara dari Kota Malang sekitar 60 km.

Sampai di tempat parkir, kita berjalan kaki kurang lebih 1 kilometer. Bagian menariknya, di sepanjang perjalanan, kita akan terus disuguhi pemandangan alam yang menawan. Mulai dari deretan pohon tinggi menjulang, seperti pinus, rasamala, atau damar, hingga gemricik suara air yang mengalir dari arah air terjun.

Kini, sejalan dengan program pengembangan kawasan wisata ini, Kakek Bodo sudah dilengkapi berbagai fasilitas. Mulai dari kolam renang dan arena seluncuran, Relief 3 Dimensi, taman bunga, arena bermain, camping ground, dan masih banyak lagi. (HDL)

Editor : Hendro D. Laksono