Achmad Fathoni Dapat Pesanan Songkok Berlogo Asian Games 2018

Perajin songkok Gresik, Achmad Fathoni dan songkok Asian Games 2018 yang diproduksinya. FOTO: SUREPLUS/SAHLUL FAHMI

GRESIK-SUREPLUS: Perhelatan Asian Games 2018 menjadi momen penting bagi Achmad Fathoni, pengusaha songkok tradisional asal Gresik. Karena perhelatan olahraga level Asia yang digelar empat tahun sekali tersebut Fathoni mendapatkan pesanan 500 item songkok dengan logo Asian Games 2018.

“Pemesannya adalah Kemenpora. Ceritanya, pada bulan Ramadan lalu ada acara sahur bersama alumni IAIN Sunan Ampel Surabaya. Kebetulan saya satu almamater dengan Pak Imam Nahrawi yang saat ini menjabat sebagai Menpora,” kata Fathoni yang tercatat sebagai mahasiswa Fakultas Adab, IAIN Sunan Ampel tahun 1996 kepada Sureplus.id, Selasa (07/08/2018).

Dari pertemuan tersebut kemudian ada pembicaraan bahwa Kemenpora berniat memesan songkok tradisional khas Gresik. Gayung bersambut, Fathoni menerima pesanan tersebut. Kebetulan Fathoni sendiri memiliki usaha produksi songkok berlebel Roda Mas.

“Yang dipesan songkok hitam polos berbahan beludru. Hanya saja pada songkok tersebut diberi tambahan logo Asian Games 2018. Untuk menambahkan gambar logo saya lakukan dengan cara melukisnya,” ucap Fathoni saat ditemui di workshopnya di Jl. KH Abdul Karim XIV/4 Ceplokan, Terate, Gresik.

Lebih lanjut pria berusia 38 tahun itu mengungkapkan bahwa songkok tersebut nantinya akan dikenakan oleh Presiden Jokowi beserta Wapres Jusuf Kalla saat membuka pesta olahraga Asia Games pada 18 Agustus mendatang.

“Selain Presiden dan Wapres, songkok produksi saya juga akan dikenakan oleh perwakilan negara-negara kontestan Asian Games serta undangan khusus,” ucap Fathoni.

Saat ini dari jumlah 500 songkok yang dipesan sudah terpenuhi 330 item. Sisanya sekitar 170 item prosesnya hanya tinggal menambahkan logo Asian Games 2018. “Insya Allah akhir pekan ini semuanya sudah selesai, sehingga awal minggu depan sudah siap kami kirim ke Jakarta,” imbuh Fathoni. (SAHLUL FAHMI/AZT)

Editor: Aziz Tri P