Xiaomi Luncurkan Ponsel Fitur Berbanderol Murah Meriah

Qin AI ponsel 4G Xiaomi dengan harga Rp 400 ribu-an. FOTO: XIAOMI

JAKARTA-SUREPLUS: Xiaomi tampaknya tak hanya bermain di sektor smartphone semata. Terbaru, perusahaan raksasa asal China ini juga membuat ponsel fitur. Ponsel tersebut dibanderol sangat murah, sekitar Rp 400 ribu-an. Kendati relative murah, perangkat tersebut mendukung koneksi 4G.

Meski berwujud ponsel fitur, ada teknologi kecerdasan buatan (AI) di dalam ponsel yang diberi nama Qin AI tersebut. Kecerdasan buatan di ponsel ini tidak hanya bisa menerjemahkan 17 bahasa, tapi juga dapat menjawab pertanyaan dan menceritakan puisi untuk anak-anak.

Untuk layarnya, Qin AI memiliki layar QVGA berukuran 2,8 inci dengan resolusi 320 x 240 pixel. Sementara sebagai penggeraknya, Qin AI menggunakan prosesor SC9820E ARM Cortex A53 SoC berkecepatan 1,3 GHz. Selain itu, juga tersemat GPU ARM Mali T82, RAM 256 MB dan memori internal 512 MB. Qin AI menjalankan sistem operasi Mocor 5 yang berbasis Android.

Ponsel ini memiliki slot dual SIM, USB Type C dan port audio 3,5 mm. Tapi paling menarik, Qin AI dilengkapi sensor infra-red untuk mengontrol perangkat elektronik. Juga tersedia slot microSD untuk menambah ruang penyimpanan data.

Sesuai dengan specs-nya, baterai perangkat ini hanya berkapasitas 1.480 mAh. Meski begitu, Xiaomi mengklaim dapat bertahan 15 jam untuk bicara dan stand by 420 jam alias 7 hari. (ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas