Xiaomi Mi A2, Smartphone Android One Pengganti Mi A1

Xiaomi Mi A2
Xiaomi kembali merilis smartphone andalannya untuk kelas menengah, yaitu Xiaomi Mi A2. FOTO: ANDROIDCENTRAL

SURABAYA-SUREPLUS: Setelah mengadopsi Android One pada Mi A1, kini Xiaomi kembali merilis smartphone andalannya untuk kelas menengah, yaitu Xiaomi Mi A2. Smartphone yang memilih untuk menggantikan antarmuka MIUI dengan antarmuka bawaan Android ini ditargetkan untuk menjadi favorit baru pengguna ponsel pintar dengan harga terjangkau.

Sebagai pengganti dari Mi A1, smartphone dengan bodi berbalut material metal ini memiliki beberapa peningkatan, terutama pada prosesor yang kini menggunakan Qualcomm Snapdragon 660, menggantikan Snapdragon 625 pada Mi A1.

Perubahan mencolok lainnya ada pada layar yang berukuran lebih besar yaitu 5,99 inci, dengan resolusi 2160×1080 piksel. Layar dengan panel IPS LCD dan berlapis Gorilla Glass 5 ini juga sudah memiliki rasio 18:9 sebagaimana banyak ditemukan pada smartphone keluaran tahun 2018.

Kamera dari Mi A2 juga mendapat upgrade yang signifikan. Pada kamera belakang, Xiaomi membekali smartphone ini dengan dua buah kamera dengan resolusi 20MP dan 12MP. Kamera ganda ini bisa merekam video dengan kualitas 4K, sedangkan MiA1 hanya bisa maksimal pada resolusi 1080 piksel.

Adapaun di bagian depan, Mi A2 memiliki kamera 20MP, jauh lebih besar daripada Mi A1 yang hanya memiliki kamera depan beresolusi 5MP. Peningkatan tidak diterapkan pada baterai, karena masih menggunakan baterai berkapasitas 3010 mAh seperti pada pendahulunya, dan Xiaomi menghilangkan koneksi audio 3,5mm.

Salah satu fitur Mi A1 yang tidak dibawa pada Mi A2 adalah slot untuk kartu memori tambahan. Xiaomi lebih memilih membuat tiga buah smartphone Mi A2 dengan kapasitas penyimpanan yang berbeda, yaitu 32GB, 64GB, serta 128GB. Pilihan kapasitas juga terdapat pada bagian RAM yaitu 4GB dan 6GB.

Secara keseluruhan Xiaomi Mi A2 memiliki banyak peningkatan dari Mi A1, bahkan menurut Androidcentral.com, untuk versi yang akan dirilis di India, bakal membawa teknologi Quick Charge 4.0 yang belum banyak diaplikasikan pada smartphone. Menarik untuk menunggu spesifikasi lengkap dan harga smartphone ini saat dijual resmi di Indonesia, pasar yang selama ini menjadi ladang untuk Xiaomi. (Baihaqi/Ed. Fahmi Faqih)