Indonesia Raih Juara di Ajang Olimpiade Sains Internasional

Sesi ‘Theoretical part translations’ dalam International Chemistry Olympiad (IChO) ke-50 di Republik Ceko. FOTO : 50ICHO.EU

JAKARTA-SUREPLUS : Nama Indonesia kembali berkibar di ajang internasional. Kali ini tim olimpiade sains Indonesia mengukir prestasi di ajang olimpiade internasional bidang kimia dan fisika. Masing-masing meraih medali emas di International Chemistry Olympiad (IChO) ke-50 di Republik Ceko, dan International Physics Olympiad (IPhO) ke-49 di Lisbon, Portugal.

Medali emas untuk bidang kimia diraih oleh Ong Christoper Ivan Wijaya, siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Kristen YSKI, Semarang. Sedangkan untuk bidang fisika diraih oleh Johanes, siswa SMA Kristen Frateran, Surabaya.

Disampaikan dalam siaran pers Kemendikbud, Selasa (31/7/2018), tim IChO Indonesia juga berhasil meraih satu medali perak dan perunggu. Masing-masing Abdullah Muqoddam, siswa Madrasah Aliyah (MA) Negeri Insan Cendekia Serpong, Rizki Kurniawan, siswa SMA Negeri 1 Metro, Lampung, dan Muhammad Syaiful, Islam siswa SMA Cindera Mata, Bekasi. Empat siswa ini, mewakili Indonesia, bersaing ketat dengan 309 siswa dari 80 negara.

Dalam ajang IPhO di Portugal, Indonesia juga meraih medali perak dan perunggu. Masing-masing Jason Jovi Brata, siswa SMAK 1 BPK Penabur, Jakarta, dan Ahmad Aufar Thoriq, siswa SMA Semesta BBS, Semarang, Bryant Juspi, siswa SMA Darma Yudha, Pekanbaru, dan Raditya Adhidarma Nugraha, siswa SMA Negeri 1 Yogyakarta. Mereka bertarung di ajang internasional bersaing dengan 670 siswa dari 90 negara.

Menanggapi prestasi ini, Direktur Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Purwadi Sutanto mengaku sangat bangga. Mereka, lanjut Purwadi, merupakan hasil seleksi berjenjang mulai dari tingkat sekolah di kabupaten dan kota, provinsi, hingga Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Pekanbaru, Riau, 2017 lalu.

“Ini kado ulang tahun di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Ini prestasi luar biasa. Ini membanggakan buat kita semua bangsa Indonesia,” katanya saat menjemput tim IChO dan IPhO di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. (PRS/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono