PPSDM Migas Sediakan Ragam Jasa Pelayanan Publik

PPSDM Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus melakukan pembenahan pelayanan dengan prinsip efisiensi dan produktivitas. FOTO: ESDM.GO.ID

CEPU-SUREPLUS: Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan pembenahan pelayanan dengan prinsip efisiensi dan produktivitas.

Hal itu dilakukan sejak ditetapkan menjadi instansi Pemerintah sebagai Badan Layanan Umum (BLU) melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 964/KMK.05/2017 tanggal 28 Desember 2017. Pembenahan itu disertai dengan menyajikan beragam jasa pengembangan SDM di bidang Migas.

Dikutip dari Tim Komunikasi Kementerian ESDM di esdm.go.id, Senin (30/07/2018), menempati area seluas 129 hektar dengan lokasi yang strategis di perbatasan provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di Jl Sorogo Blora, Jawa Tengah, PPSDM Migas menyajikan berbagai jasa teknologi kemigasan.

Upaya tersebut ditunjang dengan kepemilikan fasilitas pembelajaran berupa kilang berkapasitas 3.800 barel per hari atau 600 meter kubik per hari yang merupakan sarana pelatihan riil untuk peningkatan kompetensi SDM subsektor Migas.

Unit kerja yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Pusdiklat Migas (2001-2016) ini juga menawarkan beberapa jasa keahlian Migas. Seperti perencanaan dan pengembangan konstruksi, penyusunan Standar Operasional Sistem (SOS), jasa konsultan, jasa tenaga ahli, jasa laboratorium, jasa pengolahan kilang, inspeksi dan kalibrasi.

PPSDM Migas juga turut menggelar pelatihan berbasis kompentensi, meliputi bidang hulu, hilir dan penunjang migas yang rata-rata tiap tahun diikuti oleh 2.500 orang dan pelaksanaan sertifikasi sebanyak 11.500 orang.

Untuk menunjang proses pembelajaran, PPSDM Migas melengkapi infrastruktur yang mumpuni, mulai dari ruang kelas, perpustakaan, bengkel las serta laboratorium yang terdiri laboratorium geologi dan eksplorasi, lab pemboran, lab produksi, lab proses dan pengolahan, lab pengujian, lab listrik, lab mekanik dan lab instrumentasi.

Berdiri sejak tahun 1996, PPSDM Migas merupakan satu-satunya Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) subektor Migas yang terakreditasi ISO 17024 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) dan mempunyai 36 ruang lingkup Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (KKNI). (PRS/AZT)

Editor: Aziz Tri P