Prosesor Ultra Tipis Samsung, Hemat Energi Sampai 10 Persen

SURABAYA-SUREPLUS: Ambisi Samsung untuk menjadi yang terdepan dalam industri smartphone bukan isapan jempol semata. Pabrikan asal Korea Selatan ini tak hanya berfokus pada manufaktur ponsel saja, tapi juga di sektor lain, salah satu chipset.

Setidaknya, perusahaan ini telah mengumumkan bahwa mereka mulai memproduksi massal prosesor 2-gen pertama dari kelas 10 nanometer (sekitar 10nm-19nm), LPDDR4X (Low Power, Double Data Rate, 4X) DRAM untuk meningkatkan efisiensi serta menurunkan konsumsi baterai smartphone.

DRAM LPDDR4X generasi ke-2 memberikan efisiensi daya hingga 10 persen dengan tetap mempertahankan laju data yang sama sebesar 4.266 megabit per detik (Mb/s) sebagai chip memori DRAM mobile gen pertama yang digunakan dalam perangkat seluler terbaru.

Chip baru ini diproduksi dengan menggabungkan empat chip 16GB LPDDR4X (Low Power, Double Data Rate, 4X) (16GB setara dengan 2GB) yang 20 persen lebih ramping jika ditempatkan berdampingan dengan chip silikon sebelumnya.

Samsung sendiri mulai memproduksi massal pada bulan September 2016. Chipset ini jauh lebih tipis dan lebih hemat energi daripada apa yang ada di perangkat pada umunya saat ini.

Chipset ini kemungkinan akan disematkan pertama kali dalam trio Galaxy S10 sesuai dengan pembagian memori SVP “Sewon Chun”. Perangkat lain yang bisa menggunakan chipset ini adalah ponsel yang memiliki RAM 4/6/8GB generasi terbaru. Hanya saja, nama OEM-nya belum diketahui.

Namun, ada spekulasi bahwa model seperti Pixel 3 dapat menampilkan DRAM gen baru serta model tercanggih OEM Cina. Produsen dari China bahkan bisa jadi yang pertama menggunakan varian RAM 8GB, karena sebagian besar dari mereka memiliki varian RAM 8GB dari model andalan mereka.(GIZMOCHINA/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas