Bapas II Kediri Bekali Klien Keahlian Mengemudi Mobil

Yuyun Nurliana, Ketua Balai Pemasyarakatan (Bapas) II Kediri (tengah) bersama sejumlah kliennya. FOTO : SUREPLUS/AYU CITRA SR

KEDIRI-SUREPLUS: Balai Pemasyarakatan (Bapas) II Kediri membekali sejumlah kliennya dengan keahlian mengemudi mobil. Hal tersebut bertujuan guna meningkatkan kemampuan dan keterampilan tiap kliennya pada masa mendatang.

Menanggapi hal ini, Yuyun Nurliana, Kepala Bapas II Kediri mengemukakan, upaya tersebut diwujudkan dengan menggandeng penyedia jasa kursus mobil yang ada di Kediri.

“Bimbingan keterampilan dan keahlian mengemudi mobil ini dilakukan selama tiga hari berturut-turut. Misalnya mulai dari teori dan praktek,” kata Yuyun saat ditemui Sureplus.id di Kediri, Sabtu (28/7/2018).

Yuyun optimis, langkah tersebut dapat memulihkan kepercayaan diri para klien. Apalagi memang, pelatihan keterampilan dan keahlian ini telah diberikan, sesuai dengan bakat dan minat mereka.

Khusus dengan pelatihan mengemudi mobil, kesempatan itu diberikan langsung kepada para klien seiring maraknya permintaan pasar terhadap taksi online. Selain itu, juga karena besarnya peluang bisnis di bidang transportasi tersebut.

“Kami berupaya memfasilitasi dan mewujudkan cita-cita mereka. Dengan pelatihan keterampilan ini mereka bisa berdaya guna dan berhasil,” katanya.

Di samping itu, Bapas II Kediri juga bersinergi dengan Polres Kediri Kota untuk membantu perolehan SIM para klien tersebut. Dengan demikian, setelah mereka menguasai cara menyetir mobil maka langsung siap bekerja sebagai tenaga pengemudi.

Di lokasi ini, salah satu klien perempuan Bapas II Kediri, Sumarmi mengemukakan, sudah lama ingin menjadi sopir taksi online. Oleh karena itulah, dia sangat berterima kasih dengan adanya pembekalan keterampilan itu.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapas II Kediri, karena bila mengikuti pelatihan menyetir di luar maka butuh biaya yang besar. Di samping itu prosesnya juga tidak mudah,” katanya. (AYU CITRA SR/HDL)

Editor: Hendro D. Laksono