Nilai Komitmen Kerja Pasti, Tembus 1 Miliar Dolar AS

Grafis dari esdm.go.id yang menunjukkan 25 Wilayah Kerja (WK) Migas yang menggunakan skema bagi hasil Gross Split. FOTO: ESDM.GO.ID

JAKARTA-SUREPLUS: Semenjak diberlakukan pada awal tahun 2017, skema bagi hasil Gross Split sudah diterapkan pada 25 Wilayah Kerja (WK) Migas, baik WK hasil lelang tahun 2017 dan 2018, maupun WK terminasi.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengungkapkan, Komitmen Kerja Pasti untuk WK terminasi sudah menembus 1 miliar dolar AS. “Komitmen yang harus kontraktor belanjakan itu sudah 1 miliar dolar AS tahun ini, itu dari blok terminasi tahun 2018, 2019, dan 2020,” ungkap Wamen Arcandra di Jakarta, Senin (23/07/2018).

Dikutip dari Tim Komunikasi di esdm.go.id, Rabu (25/07/2018), total nilai dari Komitmen Kerja Pasti tersebut, lanjut Arcandra, merupakan angka yang sangat besar. Bahkan jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Nilai Komitmen Kerja Pasti tahun ini adalah yang paling besar. “Ada yang komit 200 juta, 100 juta (USD). Sekarang totalnya 1 miliar (USD). Coba cek, apa sebelumnya pernah ada,” tegasnya.

Dua nilai Komitmen Kerja Pasti yang paling besar, imbuh Arcandra, berasal dari PT. Pertamina (Persero) yang mendapatkan WK Jambi Merang dengan nilai Komitmen Kerja Pasti sebesar 239,3 juta dolar AS dan WK Sanga-Sanga dengan nilai 237 juta dolar AS.

Pada kesempatan yang sama, Arcandra menegaskan, jika kontraktor tidak menjalankan komitmen yang sudah ditentukan, maka 10 persen dari dana komitmen kerja atau performance bonds, akan masuk ke dalam kas negara. “Nanti kalau mereka tidak lakukan, akan balik ke negara duitnya,” pungkas Arcandra.

Sebagai informasi, selain nilai komitmen kerja pasti, pemerintah juga mendapatkan nilai bonus tanda tangan yang besar, dari total 25 WK Migas yang menggunakan skema gross split sejak tahun 2017, pemerintah menerima hingga 74,8 juta do;lar AS yang berasal dari 25 WK.

Yaitu lelang WK Migas 2017, Andaman I, Andaman II, Merak-Lampung, Pekawai, Dan West Yamdena. Sedangkan Lelang WK Migas tahun 2018, Southeast Jambi, Citarum, East Ganal, East Seram.

Sedangkan WK Terminasi 2017, Offshore Northwest Java. WK Terminasi 2018, North Sumatera Offshore, Ogan Komering, Southeast Sumatera, Tuban, Sanga-sanga, East Kalimantan & Attaka. WK Terminasi 2019, Jambi Merang, Pendopo & Raja, Bula, Seram -Non Bula dan WK Terminasi 2020, South Jambi B Block, Malacca Strait, Brantas, Salawati dan Kepala Burung Blok A. (PRS/AZT)

Editor: Aziz Tri P