Dongkrak Rasio Elektrifikasi, PLN Resmikan 51 Desa Baru Berlistrik

peluncuran 33 desa berlistrik
Direktur Bisnis Regional Maluku Papua Ahmad Rofik saat meresmikan desa baru berlistrik di Tanah Papua. FOTO : PLN.CO.ID

MAPPI-SUREPLUS : PLN terus bergerak meningkatkan Rasio Elektrifikasi (RE) di Tanah Papua. Setelah peluncuran 33 desa berlistrik April lalu, bulan Juli ini, PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) lewat Direktur Bisnis Regional Maluku Papua Ahmad Rofik, meresmikan 51 desa baru berlistrik.

Seperti ditulis dalam siaran persnya, Selasa (24/7/2018), peresmian desa-desa ini merupakan wujud dari Program Papua Terang. Peresmian dilakukan Direktur Regional Maluku Papua, berpusat di Desa Enem, Distrik Obaa, Kabupaten Mappi.

General Manager PLN Wilayah Papua dan Papua Barat Ari Dartomo menjelaskan, PLN akan terus melistriki desa di Tanah Papua tanpa terkecuali. Ditargetkan ada sekitar 1.200 desa yang akan dilistriki di Papua dan Papua Barat.

Untuk melistriki desa-desa ini, terhitung sejak awal 2018, PLN sudah mengeluarkan anggaran sebesar Rp 200 miliar. “51 desa yang diresmikan saat ini tersebar di Papua dan Papua barat, dimana Papua terdapat 31 desa dan Papua Barat 20 desa” kata Ari.

Sejak 2017 lalu, lanjutnya, PLN sukses melistriki 191 desa. Kemudian terakhir 51 desa yang baru diresmikan. Untuk melistriki desa-desa tersebut, PLN terus memanfaatkan Energi Baru Terbarukan (EBT), salah satunya seperti di Desa Enem. Yaitu dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi.

“Meskipun tidak mudah dalam melistriki di daerah Timur Indonesia, namun pembangunan infrastruktur kelistrikan di seluruh pelosok harus terealisasi,” aku Direktur Bisnis Regional Maluku Papua Ahmad Rofik.

Meski demikian, PLN telah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas daya sebesar 100 KWp guna melistriki 41 pelanggan yang terdapat di Desa Enem. Tidak hanya di Desa Enem, PLN juga telah membangun PLTS di 21 desa lainnya dalam memanfaatkan EBT.

Menanggapi program ini, Bupati Kabupaten Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada PLN yang telah menerangi Kabupaten Mappi.

“Semoga hubungan baik antara Pemda dengan PLN dapat terus berjalan dengan baik. Kami akan terus mendukung PLN dalam menerangi Tanah Papua terkhusus Kabupten Mappi ini” tegasnya. (PRS/HDL)

Editor : Hendro D. Laksono