Bukti Snapdragon 710 powered “Nokia Phoenix” Ditemukan dalam Metadata

SURABAYA-SUREPLUS: Saat ini hanya ada dua smartphone yang didukung Snapdragon 710 di pasar. Mereka adalah Xiaomi Mi 8 SE dan Vivo NEX A. Ada juga yang dikatakan sedang dalam pengembangan seperti Meizu X8, ponsel Pixel mid-range yang akan diluncurkan tahun depan, dan ponsel Nokia dengan nama kode “Phoenix”.

Kabar tentang Nokia Phoneix pertama kali muncul pada Juni lalu dalam sebuah cuitan seorang leaker populer, Roland Quandt di twitternya. Dia juga mengungkapkan bahwa perangkat akan dirilis akhir tahun ini atau sekitar September hingga Desember.

Dia juga mengatakan bahwa HMD Global sedang mengerjakan smartphone SD710 dengan nama kode Nokia Phoenix.

Hal ini dipertegas oleh seorang pengguna Twitter bernama Hikari Calyx (@Hikari_Calyx) mengungkapkan dalam serangkaian tweet-nya Selasa (24/7/2018) bahwa FIH (Foxconn) sedang mengembangkan perangkat baru dengan codename PNX. FIH adalah pabrikan yang menangani produksi ponsel Nokia untuk HMD.

Rupanya, ada dua versi perangkat yang sedang digarap, satu dengan nomor 500001828 dan yang lainnya dengan nomor 500001829.

Dalam tweet berikutnya, ia juga mengungkapkan bahwa ia menemukan sesuatu di metadata yang menegaskan itu adalah perangkat Nokia. Dari info metadata, tampaknya Nokia Phoenix akan tersedia kali pertama di China. Ini juga akan datang dengan Android 8.1 Oreo ketika diluncurkan.

Sejauh ini tidak ada yang diketahui tentang desain Nokia Phoenix dan apa nama aslinya. Namun, Gizmochina memiliki mencoba menerka sendiri. Gizmochina menduga, Nokia Phoenix kemungkinan adalah Nokia X7 yang dikatakan sedang dalam pengembangan.

Jika kita melihat tren Nokia baru-baru ini, X5 dan X6 adalah varian yang lebih kuat dari Nokia 5.1 dan Nokia 6.1. Jadi, sepertinya tidak terlalu mengada-ada bahwa Nokia X7 adalah varian yang lebih kuat dari Nokia 7 dan Nokia 7 Plus. Sehubungan dengan desain, Nokia Phoenix juga dapat hadir dengan takik, kamera belakang ganda, dan bodi kaca.(GIZMOCHINA/ZAL)

Editor: Fahrizal Arnas